Kolaborasi Jurnalis dan Media Sosial

Senin, 25 April 2016 - 15:41 WIB
Kolaborasi Jurnalis dan Media Sosial
Kolaborasi Jurnalis dan Media Sosial
A A A
JAKARTA - Kolaborasi antara jurnalis dengan pengguna media sosial sudah lama terjadi. Misalnya jika seseorang memosting hal yang dianggap menarik, maka jurnalis akan menghubungi untuk memperdalam informasi untuk kemudian diberitakan.

Semakin banyak hal positif, bersifat inspiratif dan informatif yang diposting di media sosial semakin memberi ruang bagi para jurnalis untuk melakukan pengembangan berita. Adanya media sosial ini diakui turut membantu para jurnalis dalam mengembangkan suatu berita menarik.

“Jujur saja, sebelum ada medsos (media sosial-red), jurnalis banyak mencari berita sendiri. Namun dengan adanya media sosial, jurnalis sangat terbantu dengan berbagai informasi dan pembicaraan masyarakat di media sosial," ujar jurnalis Koran Sindo, Chamad Hojin dalam acara diskusi bertajuk, Bagaimana Meningkatkan Kolaborasi Pengguna Media Sosial Untuk Kepentingan Nasional?" di Sekretariat Gerakan Pemuda Ansor, Jalan Kramat Raya 65 A, Jakarta Pusat, beberapa waktul lalu.

Direktur Eksekutif Komunikonten, Hariqo Wibawa Staria dalam kesempatan yang sama menyampaikan, kolaborasi membuktikan seseorang atau sebuah komunitas mampu bekerja sama. Menurutnya, kolaborasi merupakan indikator sukses sebuah komunikasi.

“Sekurangnya ada tiga isu utama medsos (media sosial). Keamanan, kreatifitas dan kolaborasi," jelas Hariqo.

Fungsionaris Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Hasanuddin Ali menambahkan, salah satu isu yang menjadi fokus GP Ansor di media sosial adalah tentang mempertahankan keutuhan NKRI, mempromosikan keberagaman, melawan propaganda radikalisme dan separatisme di media sosial. (Baca: Menkominfo Ungkap Jumlah Situs Berkonten Radikal Meningkat)

“Sikap ini sudah turun-temurun diwariskan di Ansor, sekarang tinggal memperkuat gerakan kami di media sosial, sekarang ini kami dalam tahap pembenahan setelah pelantikan Pengurus Pusat GP Ansor,” ucap Hasanudin.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9179 seconds (0.1#10.140)