Dalam Trisakti Soekarno, Revolusi Bagian dari Kebudayaan

Rabu, 20 April 2016 - 16:42 WIB
Dalam Trisakti Soekarno,...
Dalam Trisakti Soekarno, Revolusi Bagian dari Kebudayaan
A A A
JAKARTA - Kebudayaan Sunda adalah kebudayaan tertua di Indonesia. Sunda juga menjadi cikal bakal dari seluruh kerajaan-kerajaan di tanah Jawa. Kebudayaan juga merupakan salah satu konsep dari Trisakti Presiden pertama Soekarno.

Puti Guntur selaku cucu Presiden pertama Indonesia, Soekarno mengatakan, Trisakti Soekarno perlu diimplementasikan. Apalagi, kata dia, Soekarno juga pernah mengatakan, dalam politik, bahkan dalam revolusi bagian dari kebudayaan.

"Maka tidak salah ketika Bung Karno mengatakan, hakikat kemerdekaan kita adalah berdaulat di bidang politik, berdikari dalam bidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan," ujar Puti dalam siaran persnya, Rabu (20/4/2016).

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini mengaku masih terdapat darah Sunda di dalam dirinya. Bahkan, dia mengaku masih ada keturunan Galuh Pakuan. (Baca: Jokowi Dinilai Akan Kesulitan Implementasikan Trisakti)

"Jadi di dalam diri saya ini kalau ditanya, dari mana mbak asalnya? Saya tidak tahu dari mana karena saya merasa diri saya adalah Indonesia. Darah saya Bhinneka Tunggal Ika," ucapnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0775 seconds (0.1#10.140)