Denma Mabes TNI Bangun TPA dan Pengobatan Massal

Jum'at, 15 April 2016 - 14:43 WIB
Denma Mabes TNI Bangun TPA dan Pengobatan Massal
Denma Mabes TNI Bangun TPA dan Pengobatan Massal
A A A
JAKARTA - Detasemen Markas (Denma) Mabes TNI menggelar pengobatan massal dan membangun Taman Pendidikan Alquran (TPA) di Jalan Raya Cipayung Setu, Gang Rawa Lindung Rt 01 RW 04 Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

Dandenma Mabes TNI Kolonel Inf T Beny Firmansyah mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus memperkokoh Kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

"Sasaran Karya Bakti Denma Mabes TNI dibagi menjadi dua kegiatan, yaitu kegiatan fisik dan nonfisik,” ujar Beny saat membuka kegiatan Karya Bakti Denma Mabes TNI 2016, Jumat (15/4/201/6).

Menurut Beny, kegiatan fisik berupa pembangunan sarana dan prasarana umum untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat seperti yang dilakukan saat ini.

“Pembuatan TPA yang dilakukan secara gotong royong bersama warga setempat ini sangat bermanfaat, khususnya warga yang berdomisili di wilayah Cilangkap, Jakarta Timur,” ucap Beny saat melakukan peletakan batu pertama pembuatan TPA.

Sedangkan kegiatan non fisik, kata dia, meliputi pengobatan massal, penyuluhan kesehatan tentang bahaya penyakit demam berdarah dan malaria, serta melaksanakan fogging atau pengasapan.

“Penentuan sasaran fisik maupun non fisik kegiatan bersumber dari aspirasi masyarakat yang diakomodasi dalam bentuk perencanaan secara terpadu oleh Denma Mabes TNI dan instansi terkait, sehingga manfaat kegiatan tersebut dapat dinikmati secara langsung oleh masyarakat,” tuturnya.

Alumni Akmil lulusan Tahun 1988 itu menambahkan, kegiatan Karya Bakti Denma Mabes TNI tahun 2016 ini juga merupakan wujud Dharma Bhakti TNI dalam membantu menangani permasalahan sosial dan kemanusiaan, baik atas permintaan maupun inisiatif TNI secara perorangan atau keinginan dari pemerintah, kementerian dan institusi terkait.

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat yang telah terjalin dengan baik selama ini, karena hal itu sesuai dengan jati diri TNI sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang dan Tentara Profesional,” katanya.

Kepala Bidang Penerangan Umum Pusat Penerangan TNI, Kolonel Czi Berlin menjelaskan kegiatan Karya Bakti TNI ini sesuai Undang-undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tugas Pokok TNI yang diatur dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) di antaranya membantu tugas pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat guna mendukung ketahanan wilayah.

"Untuk mengimplementasikan tugas tersebut, TNI secara priodik menyelenggarakan kegiatan Karya Bakti seperti saat ini," ujarnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6046 seconds (0.1#10.140)