TNI AL Siapkan Pasukan Denjaka dan Kapal Bebaskan Sandera

Kamis, 31 Maret 2016 - 09:18 WIB
TNI AL Siapkan Pasukan Denjaka dan Kapal Bebaskan Sandera
TNI AL Siapkan Pasukan Denjaka dan Kapal Bebaskan Sandera
A A A
PADANG - Kapal perang dan pasukan elite Detasemen Jalamengakara (Denjaka) Marinir TNI Angkatan Laut (AL) telah disiapkan, tinggal menunggu instruksi Panglima TNI.

Hal itu dikatakan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana (KSAL) TNI Ade Supandi saat menghadiri pertemuan di Kantor Gubernur Sumatera Barat (Sumbar). Persiapan ini untuk membebaskan 10 warga negara Indonesia (WNI) yang disandera kelompok Abu Sayyaf di Filipina.

“Kita kini tinggal menunggu komando dari Panglima TNI dan soal strateginya ada sama Panglima,” kata Ade Supandi, di Padang, Kamis (31/3/2016)

Menurutnya, untuk membebaskan 10 sandera tersebut temasuk kapal Brahma 12, terlebih dahulu berkoordinasi dengan Menteri Luar Negeri (Menlu) dan Polri.

“Kita siap untuk turun membebaskan sandera tersebut termasuk melibatkan pasukan Denjaka dalam operasi ini. Dan ini sudah direncanakan dari Mabes TNI yang kita tunggu adalah instruksi dari Panglima TNI,” ujarnya.

Kata Ade, operasi ini sama dengan pembebasan kapal dan sandera di Somalia. Namun sebelum melakukan operasi, terlebih dahulu berkoordinasi dengan Filipina.

“Sebelum operasi ini dimulai, kita melakukan koordinasi dengan Filipina. Sebab kita memasuki wilayah mereka,” pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9794 seconds (0.1#10.140)