TNI Kerahkan 3.600 Personel Amankan KTT OKI

Minggu, 28 Februari 2016 - 02:22 WIB
TNI Kerahkan 3.600 Personel Amankan KTT OKI
TNI Kerahkan 3.600 Personel Amankan KTT OKI
A A A
JAKARTA - Mabes TNI akan mengerahkan 3.600 personel untuk mengamankan jalannya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) ke-5 pada 6-7 Maret 2016 di Jakarta.

"Kami sudah melaksanakan tactical floor game (TFG) dan persiapan-persiapan sudah maksimal," ungkap Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, usai Pembukaan Gashuku Dan Rakernas Forki 2016 di Mabes TNI Jakarta, Sabtu 27 Februari 2016 kemarin.

Menurut Gatot, pelaksanaan TFG KTT OKI ke-5 tahun 2016 digelar di Aula Gatot Subroto Mabes TNI dipimpin langsung oleh Pangdam Jaya Mayjen TNI Teddy Lhaksmana selaku Panglima Komando Operasi Pengamanan (Pangkoopspam) KTT OKI.

"TFG ini diikuti oleh seluruh staf dan satgas terkait dari ketiga matra dan Polri," katanya. Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ini menjelaskan, latihan TFG dilaksanakan guna mensimulasikan pelaksanaan pengamanan pada KTT OKI, agar pemahaman pelaksanaan dapat dipahami oleh berbagai pihak yang terlibat.

"Latihan ini sekaligus untuk mengecek personel dan materiil dalam rangka kesiapan operasi pengamanan KTT OKI bagi para Komandan Satgaspamwil," jelasnya.

Mengenai peringatan Australia terkait ancaman terorisme, Gatot mengaku, pihaknya akan bekerja sama dengan intelijen secara terpadu. "Ya kita kalau diingatkan siapapun juga akan diperhatikan. Jangankan Australia, wartawan mengingatkan kita lebih siap lagi," kata Gatot.

Kepala Staf Kodam (Kasdam) Jaya Brigjen TNI Ibnu Triwidodo menambahkan, Komando Operasi Pengamanan (Koopspam) telah menggelar TFG untuk pengamanan pelaksanaan KTT OKI tersebut.
Pria yang ditugaskan sebagai Komandan Satuan Tugas Pengamanan Wilayah (Dansatgaspamwil) ini menjabarkan, tugas utama Dansatgaspamwil adalah, pengamanan venue Jakarta Convention Center (JCC) yang merupakan ring 2 dan ring 3.

Sedangkan, ring 1 tugas pengamanannya dari Satgaspam VVIP yaitu Paspampres. Kemudian, tugas kedua adalah pengamanan tempat penginapan, akomodasi.

Tercatat ada 17 hotel yang akan disiapkan untuk itu. Hotel-hotel tersebut terletak di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan. "Itu tugas kita juga di ring 2 dan ring 3 tempat penginapan," ucapnya.

Kemudian ketiga adalah mengamankan rute pergerakan tamu negara dari satu titik ke titik lainnya. Misalnya, dari kedatangan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta maupun Bandara Halim Perdanakusuma menuju ke tempat penginapan.

Begitu juga dari tempat penginapan menuju ke JCC atau tempat-tempat yang lain. "Itu tugas dari Satgaspamwil. Saya berada di bawahnya Pangkoopspam yang dijabat oleh Pangdam Jaya. Nanti 1 Maret akan ada pengecekan kesiapan-kesiapan di tingkat komando operasi," kata Ibnu.

Menurut Ibnu, Koops nantinya akan membawahi beberapa satgas seperti, Satgaspam VVIP yang berada di bawah pengamanan Paspampres. Kemudian Satgaspam VIP yakni, tamu negara setingkat di bawah kepala negara.

"Itu pengamanannya oleh kepolisian Polda Metro. Yang paling diwaspadai adalah keselamatan tamu negara itu. Itu yang bertanggung jawab kita. Jadi begini, inikan hajatan internasional, jadi SOP-nya standarnya juga standar internasional," katanya.

Untuk diketahui, KTT OKI ke-5 pada tahun ini mengundang 63 negara, terdiri dari 55 negara anggota; emapt negara observer (Bosnia, Afrika, Rusia, Thailand) dan empat negara atau organisasi The Quarted (USA, Russia, PBB dan EU)
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6832 seconds (0.1#10.140)