BNPT Diminta Tingkatkan Pencegahan Terorisme

Kamis, 25 Februari 2016 - 22:21 WIB
BNPT Diminta Tingkatkan Pencegahan Terorisme
BNPT Diminta Tingkatkan Pencegahan Terorisme
A A A
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) diminta meningkatkan kinerja, karena tantangan dalam pencegahan terorisme ke depan sangat kompleks. Namun, diakui program pencegahan terorisme dan deradikalisasi yang dilakukan BNPT selama ini sudah bagus.

Maka itu, saat mengunjungi BNPT di Kompleks Indonesia Peace and Security Center (IPSC) Sentul, Bogor, Kamis (25/2/2016), Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Luhut Binsar Panjaitan mendukung Kepada BNPT untuk melakukan penguatan koordinasi dengan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Kementerian Agama (Kemenag), Polri, TNI, dan institusi lainnya dalam melaksanakan program pencegahan terorisme dan deradikalisasi.

"Jujur, program-program BNPT yang telah berjalan, di luar perkiraan saya, karena ternyata BNPT sudah cukup maju dalam menjalankan pencegahan terorisme. Saya berharap ke depan makin baik dan digencarkan lagi,” ujar Luhut dalam siaran pers yang diterima Sindonews, Kamis (25/2/2016).

Menurutnya, sasaran deradikalisasi cukup sulit, karena menyangkut tingkat radikalisasi para pelaku terorisme. Bahkan, kata dia, tidak hanya mereka yang tengah menjalani hukuman dan Lembaga Pemasyarakatan (PAS), juga yang sudah bebas di masyarakat harus terus dilakukan deradikalisasi.

“Harus ada sinergi antara seluruh lembaga terkait di bawah koordinasi BNPT dalam menjalankan deradikalisasi. Itu penting, karena sasaran deradikalisasi adalah orang-orang yang memiliki level radikalisasi berbeda-beda dari level satu, dua, tiga, dan empat,” terangnya.

Sementara itu, Kepala BNPT Komjen Pol Dr. Saud Usman Nasution, mengatakan, tahun 2016 ini, pihaknya lebih meningkatkan pelaksanaan program deradikalisasi dengan membuat Rencana Aksi Nasional (RAN) Deradikalisasi. Program itu, lanjut dia akan melibatkan beberapa kementerian dan lembaga terkait, dan leading sector yang ada.

“Bahkan kami telah memulai dengan mengumpulkan lembaga terkait dengan menggelar pelatihan terhadap semua aparat Kodam, Korem, Badan Intelejen Negara Daerah (Binda), Polda, Pemda, dan Lapas dalam Rakor Deradikalisasi di Jakarta, Minggu lalu. ucap Saud.

Baca: Luhut Panjaitan Akan Perketat Pengamanan Nusakambangan.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8410 seconds (0.1#10.140)