Forum Pemred: Pewarta Tak Lagi Sekadar Konfirmasi, tapi Verifikasi

Senin, 08 Februari 2016 - 13:10 WIB
Forum Pemred: Pewarta Tak Lagi Sekadar Konfirmasi, tapi Verifikasi
Forum Pemred: Pewarta Tak Lagi Sekadar Konfirmasi, tapi Verifikasi
A A A
JAKARTA - Forum Pemimpin Redaksi mendukung sepenuhnya peringatan Hari Pers Nasional 2016 pada 9 Februari 2016 yang mengangkat tema Merdeka Mendorong Poros Maritim dan Pariwisata Nusantara.

Forum Pemred juga ingin menyampaikan apresiasi sebesarnya kepada masyarakat Nusa Tenggara Barat yang menjadi tuan rumah dan ikut menyemarakkan rangkaian kegiatan Hari Pers tahun ini.

Melalui siaran pers yang dikirim kepada Sindonews Senin (8/2/2016), Forum Pemred menyatakan sesungguhnya pers Indonesia merupakan bagian dari bangsa.

Pers adalah cerminan dari komunitas, dan tidak akan berarti tanpa kepercayaan dari masyarakat.

Menurut Forum Pemred, dinamika yang tersinergi antara komponen pers, kelompok masyarakat dan berbagai instansi dalam penyelenggaraan Hari Pers di Mataram dapat menjadi acuan akan kolaborasi yang langgeng dalam kemajuan bernegara.

"Kerja sama yang terjalin ini menyiratkan pentingnya setiap elemen bangsa untuk memahami, menghormati serta mengamalkan peran masing-masing dalam kehidupan berbangsa."

Masyarakat hendaknya paham kedudukan pers dalam mendidik dan menyemarakkan berbagai aspek kehidupan.

"Pemerintah pun harus sadar bahwa tanpa pers yang independen, demokrasi di Indonesia akan semu, pincang dan condong menjadi otoriter," tulis siaran pers Forum Pemred.

Pada era digital yang deras dengan arus informasi yang beragam, peran pers yang bertanggung jawab kian menjadi sorotan, bahkan dibutuhkan.

Menurut Forum Pemred, para profesional di bidang pers dituntut menjunjung profesionalisme yang lebih tinggi, etika yang lebih luhur dan kemampuan jurnalistik yang kian mumpuni.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1003 seconds (10.55#12.26)