Pejabat, Budayawan, dan Seniman Akan Hadiri Haul Gus Dur

Senin, 21 Desember 2015 - 21:22 WIB
Pejabat, Budayawan, dan Seniman Akan Hadiri Haul Gus Dur
Pejabat, Budayawan, dan Seniman Akan Hadiri Haul Gus Dur
A A A
JAKARTA - Sejumlah tokoh, pejabat, budayawan, dan seniman akan hadir dalam acara Haul Gus Dur ke-6 yang diselenggarakan Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Jalan Raden Saleh, Nomor 9, Jakarta Pusat, Selasa (22/12/2015) besok.

Mereka yang akan hadir antara lain Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siraj, Budayawan Sujiwo Tedjo, komedian Cak Lontong, dan penyanyi balada Ebiet G Ade.

Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar mengatakan, peringatan haul ke-6 KH Gus Dur untuk menghadirkan kembali spirit atau semangat Gus Dur dalam membela kaum lemah, kaum tertindas, selalu berkata jujur dan selalu berani berkata benar.

"Semua itu dilakukan dalam rangka menyegarkan kembali pemikiran Gus Dur terhadap kemajuan bangsa ini dan menghadirkan kembali spirit Gus Dur dalam membela kaum lemah, membela kaum tertindas, selalu berkata jujur dan selalu berani berkata benar," tuturnya.

Muhaimin pun mengajak masyarakat Indonesia bersama-sama berkumpul di Kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat untuk menghadiri acara itu.

Pria yang biasa disapa Cak Imin itu menegaskan, peringatan haul Presiden keempat Abdurrahman Wahid atau Gus Dur ke-6 bukan untuk mendewakan Gus Dur, tapi menyegarkan kembali pemikiran Gus Dur tentang toleransi bagi kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia.

"Bukan mendewakan sosok beliau, tetapi menyegarkan kembali pemikiran beliau yang inklusif dan toleransi bagi kehidupan bangsa. Insya Allah, besok malam 22 Desember 2015 kita ramai-ramai berkumpul bersama mengenang Gus Dur," katanya.

Cak Imin mengatakan walau tak lagi sebagai Presiden Republik Indonesia, kepergian Gus Dur juga mendapat perhatian besar bangsa bangsa lain. Foto-foto Gus Dur banyak digantung di klenteng-klenteng, didoakan di gereja-gereja dan diratapi kepergiannya oleh para santri.

"Genap enam tahun Gus Dur wafat, bukan kita saja yang kehilangan, tapi pecinta perdamaian di dunia. Itu membuktikan bahwa beliau milik semua," tandas Cak Imin.

Acara haul Gus Dur dimulai pukul 12.00 WIB, dengan beberapa agenda, yakni talkshow, parade puisi Gus Dur dan pengajian umum.

Adapun kegiatan talkshow akan diikuti Menko bidang Polhukam Luhut Panjaitan, Budayawan Sujiwo Tedjo dan peneliti pemikiran Gus Dur Gus KH Yahya M Staquf.

Sedangkan parade puisi Gus Dur dan pengajian Umum diramaikan para tokoh nasional, special performa Ebiet G Ade, penceramah KH Said Aqil Siraj, tahlil dan doa untuk Gus Dur dipimpin KH Ma'ruf Amin.


PILIHAN:

Ini Keyakinan Johan Budi terhadap Agus Rahardjo dkk
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5769 seconds (0.1#10.140)