Pilkada Serentak Buktikan Kematangan Demokrasi Lokal

Kamis, 10 Desember 2015 - 11:08 WIB
Pilkada Serentak Buktikan Kematangan Demokrasi Lokal
Pilkada Serentak Buktikan Kematangan Demokrasi Lokal
A A A
JAKARTA - Berhasilnya pelaksanaan pilkada serentak 2015 di 264 daerah menunjukkan kematangan demokrasi di akar rumput. Cita-cita reformasi yang mendemokratisir NKRI pasca otoritarianisme Orde Baru dengan pilkada langsung menemukan momentumnya yang kedua pada keberhasilan pilkada serentak.

Ketua Umum PPP hasil Muktamar Surabaya M Romahurmuziy (Romi) mengatakan, keberhasilan ini juga tercermin dari pengakuan dunia atas pantauan langsung penyelenggara pemilu dan peninjau dari 30 negara di beberapa kabupaten/kota.

"PPP memberikan apresiasi yang tinggi atas kelancaran dan keberhasilan penyelenggaraan pilkada kepada KPU dan KPUD se Indonesia," ujar Romi melalui siaran pers yamg diterima Sindonews, Kamis (10/12/2015).

Meski masih ada kekurangan, kata Romi, tanpa kesungguhan, kerja keras, dan koordinasi yang sungguh-sungguh, keberhasilan ini tidak akan terwujud.

Romi bersyukur lantaran berdasarkan rekapitulasi quick count dari Desk Pilkada DPP PPP, sampai jam 9.00 WIB pagi ini setidaknya pasangan calon usungan/dukungan PPP berhasil mendapatkan kemenangan di 58 pilkada kabupaten/kota di 13 provinsi dan 4 pilkada provinsi.

"Yakni Kepri (Sani), Sulut (Olly), Bengkulu (Ridwan Mukti), dan Jambi (Zumi Zola). Desk Pilkada DPP PPP masih akan terus meng-update laporan dari seluruh Indonesia sampai hasil resmi dari KPUD semuanya tuntas real count-nya," ungkap Romi.

PILIHAN:

Kejagung Turunkan Tim Intelijen Kejar Riza Chalid

Jokowi Batal Buka Festival Anti Korupsi 2015
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0359 seconds (0.1#10.140)