Sumpah Pemuda, Momentum Revitalisasi Peran Strategis Pemuda

Rabu, 28 Oktober 2015 - 21:05 WIB
Sumpah Pemuda, Momentum Revitalisasi Peran Strategis Pemuda
Sumpah Pemuda, Momentum Revitalisasi Peran Strategis Pemuda
A A A
JAKARTA - Momentum sumpah pemuda seharusnya menjadi momen yang tepat dalam merevitalisasi peran strategis pemuda dengan menjadikannya sebagai prioritas pembangunan.

Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) M. Arief Rosyid Hasan mengatakan, selama ini peran strategis pemuda dan torehan sejarah yang bermakna dalam kehidupan berbangsa seolah menjadi euphoria. Bahkan, sekarang pemuda telah menjadi satu permasalahan yang harus dibenahi.

"Jargon Revolusi Mental yang dicanangkan Pemerintahan Jokowi–JK mengisyaratkan pentingnya melakukan perubahan pada sistem mental bangsa agar dapat tetap bertahan di tengah tuntutan zaman," ujar Arief dalam siaran persnya yang diterima Sindonews, Rabu (28/10/2015).

Menurutnya, upaya mencapai visi besar ini menjadi tanggung jawab generasi muda sebagai penerus perkembangan pembangunan bangsa. Sayangnya, kata dia, setahun pemerintahan Jokowi-JK belum menemukan komitmen yang jelas untuk menempatkan pemuda sebagai prioritas pembangunan.

"Publikasi hasil penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang kondisi kepemudaan hari ini dan memberikan pemahaman tentang urgensi lahirnya kerangka kebijakan kepemudaan nasional sebagai pedoman dalam melakukan harmonisasi kebijakan lintas sektoral," jelasnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5986 seconds (0.1#10.140)