PDIP: Reshuffle Jilid II Terserah Jokowi

Selasa, 20 Oktober 2015 - 13:22 WIB
PDIP: Reshuffle Jilid II Terserah Jokowi
PDIP: Reshuffle Jilid II Terserah Jokowi
A A A
JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia (PDIP) menanggapi kencangnya isu Reshuffle Jilid II yang berhembus sepekan terakhir. Reshuffle diyakini akan terjadi setelah Partai Amanat Nasional (PAN) membocorkan, telah menyerahkan lima nama kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk masuk di Kabinet Kerja.

PDIP menyerahkan sepenuhnya kebijakan tersebut kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai pemegang kekuasaan tertinggi berdasarkan Undang-Undang (UU).

"Sebagaimana dibuktikan dalam pembentukan Kabinet Kerja, plotting personal yang akan menduduki kursi menteri, kepala Kementrian dan lembaga sepenuhnya diserahkan ke Pak Jokowi-JK," ujar Politikus PDIP Arteria Dahlan dalam siaran pers yang diterima Sindonews, Selasa (20/10/2015).

"Jadi reshuflle dan siapa yang akan menduduki kursi tersebut tidak menjadi permasalahan bagi kami. Itu hak prerogatif presiden," ucapnya. (Baca: PAN Bocorkan Reshuffle Jilid II, Menkumham & Jaksa Agung Diganti)

Namun Arteria berharap keputusan reshuflle nanti murni keputusan Jokowi yang dilaksanakan secara transparan, terukur dan alasan yang rasional, serta mudah dipahami oleh publik.

"Seandainya ada reshuflle, harus dipertimbangkan secara cermat, bijak dan hati-hati serta setidaknya dapat membangun optimisme publik bahwa pemerintahan ini dapat berjalan ke arah yang lebih baik," tegasnya.

Arteria yakin dengan perspektif Jokowi terkait kinerja Kabinet Kerja saat ini, Reshuflle Jilid I lumayan sukses dan pasar merespons positif. Menurutnya, Jokowi adalah pendengar yang baik, tapi juga eksekutor yang mumpuni.

"Ini baru satu tahun, kita berikan kepercayaan penuh pada beliau untuk memimpin negara ini. Beliau sangat terbuka akan masukan dan saran," tuturnya.

PILIHAN:

PDIP Anggap Isu Calon Menteri PAN Spekulasi Politik

Peringatan Nasdem Soal Motivasi Reshuffle Kabinet Jokowi
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5419 seconds (0.1#10.140)