Komisi III Belum Bahas Fit And Proper Test Capim KPK

Senin, 12 Oktober 2015 - 15:13 WIB
Komisi III Belum Bahas Fit And Proper Test Capim KPK
Komisi III Belum Bahas Fit And Proper Test Capim KPK
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Komisi III DPR Benny Kabur Harman mengatakan, pihaknya belum membahas fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan calon pemimpin (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pasalnya, belum ada penugasan dari pemimpin DPR ataupun Badan Musyawarah (Bamus) DPR untuk melakukan fit and proper test kepada delapan nama Capim KPK yang sudah lolos seleksi.

"Belum ada penugasan. Itu yang harus kalian kritik. Harusnya kan ada penugasan rapat paripurna dewan pada Komisi III untuk melakukan fit and proper test. Penugasan paripurna Komisi III belum ada. Gimana mau dibahas," ujar Benny di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (12/10/2015).

Menurutnya, jika belum ada penugasan dari pemimpin DPR ataupun Bamus, maka pihaknya tidak dapat melakukan fit and proper test. "Ya dengan mengandaikan kalau itu ditugaskan, tapi kan gak ada. Hanya membahas mimpi," ucap Benny.

Politikus Partai Demokrat itu mengatakan, bisa saja fit and proper test capim KPK dilakukan setelah DPR reses yakni pada akhir November 2015. "Apa yang tidak mungkin," ucap Benny.

Hal senada disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi III lainnya yakni Desmond J Mahesa. Dia mengatakan, pihaknya tidak dapat membahas fit and proper test Capim KPK jika belum ada penugasan.

"Hari ini Komisi III belum bisa proses karena belum ada rapat Bamus," ucap Desmond.

PILIHAN:

Pengamat Setuju Keberadaan KPK Harus Dipermanenkan

Kemhan Siapkan Bela Negara Plus untuk Daerah Perbatasan
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7075 seconds (0.1#10.140)