Solusi Fahri Hamzah Untuk Atasi Masalah Kabut Asap

Kamis, 08 Oktober 2015 - 13:53 WIB
Solusi Fahri Hamzah...
Solusi Fahri Hamzah Untuk Atasi Masalah Kabut Asap
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mendoakan agar hujan turun di Sumatera dan Kalimantan yang memang daerahnya terkena dampak kabut asap lantaran disebabkan kebakaran hutan.

"Mudah-mudahan sederas itu (hujan di Jakarta) turun di bagian Sumatera dan Kalimantan. Sebab dengan cara itu serangan kepada api bisa langsung merata," ujar Fahri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (8/10/2015).

Kendati demikian, politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu mengaku tidak percaya dengan pemerintah lantaran tidak memiliki kemampuan untuk memobilisasi semua kemampuan yang dipunya oleh negara.

"Untuk langsung menyerang, memadamkan api dengan segala macam peralatan dan teknologi yang kita punya. Mulai dari mitigasi titik api ada dimana, sampai memobilisir peralatan yang berisi air atau zat kimia sejenis untuk memadamkan api, sehingga asapnya bisa berhenti. Itu saya percaya dan mohon pemerintah segera lakukan itu," ucapnya.

Dia juga meminta kepada pemerintah untuk mengajak negara-negara tentangga mengatasi masalah kabut asap tersebut. Sehingga, masyarakat yang terkena dampak dapat cepat ditolong. Setelah itu baru pemerintah mencari penyebab dan pelaku pembakar hutan, agar hal tersebut tidak lagi terulang.

"Mohon ajak lah negara tetangga bersama-sama untuk tahap jangka pendek ini, padamkan api dulu, setelah itu baru kita bicara semua pembakar hutan itu harus masuk bui. Karena itu kita harus tegakkan hukum. Tapi yang pertama selamatkan masyarakat dari asap," tandas Fahri.

PILIHAN:
KPK Yakin Presiden Pasti Tolak Revisi UU KPK

Demokrat Dukung Revisi UU Jika Menguatkan KPK
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0902 seconds (0.1#10.140)