PPIH Diminta Persiapkan Secara Baik Kepulangan Jamaah Haji

Selasa, 29 September 2015 - 15:11 WIB
PPIH Diminta Persiapkan Secara Baik Kepulangan Jamaah Haji
PPIH Diminta Persiapkan Secara Baik Kepulangan Jamaah Haji
A A A
JAKARTA - Tim pengawas haji DPR meminta agar Petugas Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) daker Mekkah dan Madinah mempersiapkan secara baik rencana kepulangan jamaah haji ke Indonesia. Pasalnya, kepadatan dan kesibukan bandara Jeddah dan Madinah akan semakin meningkat dalam beberapa hari ke depan.

Wakil Ketua Tim Pengawas Penyelenggaraan Ibadah Haji, Saleh Partaonan Daulay mengatakan, salah satu yang perlu diperhatikan adalah tidak terjadinya delay penerbangan yang tentu sangat mengganggu kenyamanan jamaah haji.

"Kemarin, di Jeddah ada penerbangan menuju Jakarta yang delay sampai 10 jam. Hal seperti ini tentu tidak mesti terjadi jika dilakukan antisipasi sejak awal," ujar Saleh melalui keterangan pers yang diterima Sindonews, Selasa (29/9/2015).

Tahun lalu, kata ketua Komisi VIII DPR itu, keterlambatan dan penundaan penerbangan juga terjadi. Ketika itu, lanjut Saleh, keterlambatan dikarenakan adanya satu sektor bandara yang tidak bisa dimasuki jamaah. Akibatnya, penumpukan jamaah haji tidak bisa dihindari.

"PPIH sebaiknya segera menghubungi otoritas bandara. Setidaknya, jamaah haji Indonesia diberikan satu pintu khusus. Dengan begitu, proses boarding jamaah bisa lebih cepat dilakukan," imbuhnya.

Selain itu, ucap dia, keterlambatan juga bisa terjadi di imigrasi. Untuk mengantisipasi hal itu, Saleh mengimbau, agar PPIH bisa menempatkan petugas-petugasnya untuk membantu dan mendampingi para jamaah.

"Jamaah kita banyak yang tidak bisa berbahasa Arab. Banyak juga yang baru pertama berangkat ke luar negeri. Karena itu, perlu didampingi agar mereka mudah melalui proses screening di imigrasi," tandasnya.

PILIHAN:

MKD Akan Tindak Lanjuti Pelanggaran Kode Etik Ketua MPR

DPR Nilai Pemerintah Tak Serius Tangani Kebakaran Hutan
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7393 seconds (0.1#10.140)