Menhut Era SBY Ikut Bersuara Soal Kebakaran Hutan

Senin, 28 September 2015 - 14:10 WIB
Menhut Era SBY Ikut Bersuara Soal Kebakaran Hutan
Menhut Era SBY Ikut Bersuara Soal Kebakaran Hutan
A A A
JAKARTA - Ketua MPR Zulkifli Hasan menilai, permasalahan kebakaran hutan dan asap yang kini melanda Sumatera dan Kalimantan adalah persoalan budaya dan perilaku masyarakat yang sengaja membakar lahan pertanian untuk ditanam kembali.

Mantan Menteri Kehutanan (Menhut) era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menilai, masalah kebakaran hutan dan asap tersebut sangat tidak mudah untuk diatasi.

"Saya lima tahun menjabat itu adalah soal budaya dan perilaku. Selain itu yang kedua, lahan itu lahan gambut," kata Zulkifli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/9/2015).

"Perilaku itu biasa, kalau mau menanam bersihkan lahan biasanya dibakar, apalagi kalau kemarau murah," imbuhnya.

Maka itu, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu meminta agar pemerintah aktif mencegah masyarakat, khususnya yang tinggal dekat hutan Sumatera dan Kalimatan untuk tidak membakar lahan.

Menurutnya, pemerintah perlu melakukan sosialisasi dan memberi tindakan hukum tegas dalam memeberantas pembakar hutan. "Sosialisasi terus menerus bahwa daerah lahan gambut itu berbeda, kalau sudah terbakar susah dipadamkan," tuturnya.

"Kemudian, ada penumpang gelap yang sengaja buka lahan dengan membakar ini harus tegakkan hukum dan tidak ada pilihan lain agar timbulkan efek jera," tandas Zulkifli.

Pilihan:

Ribuan Prajurit TNI Siap Bertempur, Panglima: Akan Menegangkan!
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7226 seconds (0.1#10.140)