Tragedi Mina, Ketua MPR Minta Saudi Evaluasi Pelaksanaan Haji

Senin, 28 September 2015 - 13:47 WIB
Tragedi Mina, Ketua MPR Minta Saudi Evaluasi Pelaksanaan Haji
Tragedi Mina, Ketua MPR Minta Saudi Evaluasi Pelaksanaan Haji
A A A
JAKARTA - Ketua MPR Zulkifli Hasan menyampaikan duka citanya kepada jamaah Haji asal Indonesia yang menjadi korban tragedi di Mina. Menurutnya, tragedi yang menyebabkan 769 jamaah dari berbagai negara meninggal itu harus dijadikan pelajaran bagi Pemerintah Arab Saudi.

"Saya kira ini pelajaran penting bagi Pemerintah Saudi tentang penyelenggaraan haji agar sungguh-sungguh dievaluasi, bila perlu melibatkan negara Islam," ujar Zulkifli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/9/2015).

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu menilai, Pemerintah Arab Saudi harus bertanggung jawab atas peritsiwa tersebut. Pasalnya, penyelenggaraan haji tidak cukup hanya dengan pembangunan infrastruktur semata.

"Penanganannya harus lebih baik, tidak hanya dibangun fisik saja. Tapi tanggung jawab yang tinggi atas penyelengaraan dari pemerintah setempat," imbuhnya.

Zulkifli mendesak Kementerian Agama (Kemenag) untuk berusaha mencari data dan informasi mengenai korban dari jamaah haji Indonesia yang menjadi korban dalam tragedi Mina tersebut.

"Saya juga tak mengira kemarin (jumlah korban) hanya satu atau dua, sekarang sudah 30-an, agar Kemenag segera mendapatkan informasi yang jelas mengenai data jumlah korban," tandasnya.

Pilihan:

Ribuan Prajurit TNI Siap Bertempur, Panglima: Akan Menegangkan!
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6989 seconds (0.1#10.140)