Kemenkumham Jabar Sesalkan Gayus Nongkrong di Restoran

Senin, 21 September 2015 - 15:52 WIB
Kemenkumham Jabar Sesalkan Gayus Nongkrong di Restoran
Kemenkumham Jabar Sesalkan Gayus Nongkrong di Restoran
A A A
JAKARTA - Foto terpidana kasus pajak Gayus Tambunan yang berpose di sebuah restoran kini jadi buah bibir. Bagaimana bisa seorang narapidana makan di restoran?

Kepala Kanwil Kemenkum HAM Jawa Barat I Wayan Sukerta menyebut, makan adalah kebutuhan seorang manusia sebagai makhluk hidup. Tapi apa yang dilakukan Gayus sebagai seorang narapidana tidak pantas dilakukan.

"Ini kalau persoalan makan ini kebutuhan manusia ya, kelihatannya kalau (Gayus) itu makan di tempat umum, itu yang kurang pantas, kurang patut," tegas Wayan di Kanwil Kemenkum HAM Jawa Barat, Kota Bandung, Senin (21/9/2015).

Dia sendiri tidak menyebut secara spesifik apa yang akan dilakukan terhadap Gayus jika terbukti makan di restoran. Dia hanya menyebut prihatin dan menyesal.

"Kalau memang itu betul terjadi, memang kita menyesal dan prihatin dengan kejadian itu," cetusnya.

Namun, Wayan berpendapat jika Gayus makan di sekitar area persidangan itu tidak masalah. Persoalannya hanya terletak pada kepantasan. "Kalau urusan dia makan, saat sidang dia ikut numpang makan di situ, enggak ada masalah," jelasnya.

Pihaknya pun akan segera mengonfirmasi pada Gayus dan beberapa pihak terkait, terutama petugas Lapas Sukamiskin untuk mengungkap foto yang beredar. Sehingga duduk persoalan menjadi jelas.

"Saya baru terima beritanya siang ini, baru saya perintahkan Kepala Divisi Pemasyarakatan untuk melakukan pendalaman," kata Wayan.

Dia sendiri menegaskan tidak tahu persis kapan foto Gayus di restoran diambil. Jika pengunggah foto menyebut itu tanggal 9 Mei 2015, itu berbeda dengan data yang ada padanya. Sebab pada 9 Mei 2015 Gayus dipastikan berada di Lapas Sukamiskin.

Tapi Gayus memang keluar dari Lapas Sukamiskin pada 9 September 2015 untuk mengikuti sidang cerai di Pengadilan Agama Jakarta Utara. Disinggung kemungkinan foto Gayus di restoran diambil pada 9 September, Wayan ogah berandai-andai.

"Kita tidak tahu karena foto ini dari masyarakat. Kita lihat nanti tanggal berapa saja dia keluar. Tapi yang pasti saya katakan tanggal 9 September kemarin (Gayus) menghadiri sidang cerai. Hanya itu sementara yang bisa kita sampaikan," tuturnya.

PILIHAN:
Gayus Tambunan Pernah Keluar Lapas Urus Gugatan Cerai

DPR Minta Gayus Dipindahkan ke Lapas Super Maksimum Sekuriti
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6524 seconds (0.1#10.140)