KPU Harapkan Partisipasi Masyarakat Mengecek DPS

Kamis, 03 September 2015 - 18:20 WIB
KPU Harapkan Partisipasi Masyarakat Mengecek DPS
KPU Harapkan Partisipasi Masyarakat Mengecek DPS
A A A
JAKARTA - Proses penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS) telah selesai dilakukan di tiap daerah untuk menghadapi pilkada serentak 2015. Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengajak masyarakat untuk berpartisipasi mengecek ulang kualitas DPS, memastikan hak konstitusional mereka sebagai pemilih terjaga.

"Kami berharap masyarakat yang waktu itu sudah sempat dikunjungi, atau dikunjungi tapi belum ketemu (petugas), atau kondisi lainnya maka di 10-19 September ini sempatkanlah untuk mengecek," ujar Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay di kantornya, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Kamis (3/9/2015).

Menurut Hadar, apabila masyarakat nanti tidak sempat mengecek hak memilihnya ke TPS, maka KPU telah menyediakan sarana melalui layanan online. Meski begitu proses melalui online hanya bersifat satu arah.

"Hanya untuk membaca dan mengecek. Tapi untuk mengoreksinya tetap (harus) mendatangi TPS masing-masing di lingkungannya," kata Hadar.

Hadar menambahkan harapan untuk melakukan pengecekan DPS juga disematkan kepada para peserta pilkada baik pasangan calon maupun partai politik pengusungnya. Mereka juga punya kewajiban yang besar untuk mengajak masyarakat berpartisipasi dan memastikan keikutsertaannya.

Selain itu, pengawas juga diharapkan bisa memberikan masukan dan informasinya terkait DPS. "Selama masukan itu jelas. Karena kalau jelas kan kita bisa lakukan double check kembali di dalam daftar," pungkasnya.

PILIHAN:

Bocoran IPW, Budi Waseso Akan Digantikan Saud Usman

Ada Pejabat Cawe-cawe di Balik Kabar Pencopotan Budi Waseso
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6404 seconds (0.1#10.140)