Relokasi SMPN 2 Darmaraja Sisakan Masalah

Rabu, 02 September 2015 - 09:29 WIB
Relokasi SMPN 2 Darmaraja Sisakan Masalah
Relokasi SMPN 2 Darmaraja Sisakan Masalah
A A A
Pembangunan SMP Negeri 2 Darmaraja di tempat relokasi di Dusun Cinaglang, Desa Sirnasari, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat menyisakan sejumlah masalah.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas Dedi Arwadi mengatakan, dari kebutuhan ruang kelas, ruang guru, dan ruang kepala sekolah sebanyak 24 unit bangunan, hingga saat ini baru selesai 9 unit ruang kelas. ”Di bangunan yang baru, kami hanya punya 9 unit ruang kelas. Padahal, kebutuhannya 24 ruangan. Untuk membangun sisa ruangan juga tidak mungkin karena luas lahan tidak memadai.

Dibutuhkan 1 hektare untuk membangun itu, sementara pemerintah hanya menyediakan lahan seluas 400 bata. Kalau sekarang pindah semuanya, mau belajar di mana,” ujar Dedi di lokasi sekolah yang bakal tergenang Waduk Jatigede di Jalan Umar Wirahadikusumah, tepatnya di Dusun Betok, Desa Sukamenak, Kecamatan Darmaraja.

Pihak sekolah hingga saat ini juga belum menentukan waktu pemindahan seluruh siswa ke tempat relokasi. Sementara di sisi lain, pemerintah justru mengimbau untuk segera pindah. ”Ini yang membuat kami bingung. Pemerintah meminta kami untuk segera pindah, sementara bangunan di tempat relokasi sendiri belum siap. Sebetulnya kami siap pindah kapan saja dengan catatan ruangannya memadai,” sebutnya.

Menurut Dedi, jumlah siswa SMPN 2 Darmaraja sendiri sebanyak 700 siswa, sehingga tidak mungkin bila dalam waktu dekat harus pindah ke tempat relokasi. Dipastikan, 9 unit bangunan yang baru jadi tidak akan mampu menampung seluruh siswa. Itu termasuk gurunya. ”Jika dipaksakan bisa saja kami pindah dengan opsi diadakan jadwal siang.

Tapi kasihan anak-anak yang rumahnya jauh dan pulang sore, masa mau sampai rumah malam hari?” katanya. Dengan kondisi seperti itu, Pemkab Sumedang diharapkan segera mengambil solusi dan langkah pasti untuk menyelesaikan persoalan itu, bukan hanya bisa meminta pihak sekolah segera pindah ke tempat relokasi.

Aam Aminullah
Sumedang
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8095 seconds (0.1#10.140)