IJF Tuntaskan Kerinduan Pencinta Jazz

Senin, 31 Agustus 2015 - 10:09 WIB
IJF Tuntaskan Kerinduan Pencinta Jazz
IJF Tuntaskan Kerinduan Pencinta Jazz
A A A
JAKARTA - Indonesian Jazz Festival (IJF) sukses menuntaskan kerinduan pencinta musik jazz Tanah Air. Pada hari terakhir, tadi malam, penikmat jazz larut dalam suasana yang memanjakan mereka.

Bagaimana tidak, IJF menghadirkan sekitar 120 musisi top Indonesia yang beraksi di lima panggung selama dua hari, 29- 30 Agustus, di Istora Senayan, Jakarta. Setelah Syaharani & Queenfireworks, Eva Celia, Soulvibe, ABG Trio, Kunto Aji, BLP, Maliq & D’Essentials, dan lainnya membius penonton, tadi malam giliran Yovie & His Friends (feat Rio Febrian, Marcell Siahaan, Hedi Yunus, Mario Ginanjar, Titi DJ, Mike Mohede, 5 Romeo), RAN, Isyana Sarasvati, Sketsa, Gugun Blues Shelter, serta lainnya mengguncang panggung IJF.

Penampilan pianis sekaligus vokalis Isyana Sarasvati tadi malam amat dinantikan penikmat IJF. Dibuka dengan aransemen musik yang mengiringi perkenalan Isyana dengan IJF. Kelihaiannya dalam menyusun nada-nada diatonis dikerahkan melalui piano di lagu tersebut. Isyana memang seorang pianis sebelum akhirnya memutuskan untuk melebarkan kariernya di dunia musik sebagai vokalis. Isyana lalu menampilkan sedikit kebolehannya merayu pria. Perempuan berumur 22 tahun ini mencoba untuk merayu basis yang berada di sebelahnya. Tapi, Isyana ditolak.

”Rambut udah ungu masih ditolak,” ujar Isyana. ”I just cant make him love me ,” tambahnya. Lalu, meluncurkan lagu milik Bon Iver yang berjudul I Can’t Make You Love Me. Lirihnya suara Isyana dan iringan piano yang dimainkannya merupakan paduan sempurna sehingga memaksa sejumlah penonton meneteskan air mata.

”Udah ah jangan sedih-sedih... Tadi kita udah sedih-sedih, sekarang kita senang-senang,” ucapnya. Benar saja, intro musik lagu Jessie J, Bang Bang, segera dimainkan. Jika pada lagu-lagu sebelumnya Isyana memamerkan kebolehannya memainkan piano, pada lagu ini perempuan cantik tersebut benar-benar memberikan kemampuan vokal terbaiknya. Lengkingan serta liukan suara pada lagu ciptaan Jessie J itu memang tidak mudah untuk dilakukan.

Namun, Isyana berhasil menyanyikan lagu tersebut dengan mulus. Setelah menghibur penonton sekitar 45 menit, Isyana berada di penghujung penampilannya. ”Welcome to the eighties ,” ujar Isyana sebelum menutup penampilannya dengan lagu Jackson Five yang di-medley dengan Earth, Wind, & Fire. ”Aku belum pernah kayak gini sebelumnya, tapi aku juga pengen kayak yang lain... Ayo kita foto dulu,” kata Isyana malu-malu ber-selfie bersama penonton.

PenampilanTheGroovejuga mengundang aplaus penonton. Tampil di panggung indoor, The G r o o v e memberikan penampilan penuh energi. Dibuka dengan intro yang menghentak, pukulan drum dan instrumen lain yang mengundang penonton untuk bergoyang, Khayalan, pun tersaji. Single nomor satu mereka dibawakan sebagai pembuka. Momen ini menjadi kesempatan istimewa untuk mereka yang ingin bernostalgia di akhir era 90-an.

”Kita nostalgia kembali ke tahun ‘99!” ujar Rieke Roeslan sebelum berlanjut ke hits mereka selanjutnya, Bila . Aransemen yang disajikan oleh band yang mencapai masa keemasannya awal era 2000-an ini berhasil membuat penonton terpukau. Bukti bahwa The Groove masih sanggup bersaing dalam industri musik Tanah Air. IJF tahun ini diakhiri dengan kolaborasi mematikan Yovie & His Friends.

Sekitar pukul 22.45 WIB, Yovie tampil bersama Rio Febrian, Marcell Siahaan, Hedi Yunus, 5 Romeo, Mario Ginanjar, Titi DJ, juga Mike Mohede. Penampilan Yovie & His Friends memang menjadi aksi yang paling ditunggu dan banyak menyedot penonton. Penyelenggaraan IJF tak lepas dari dukungan MNC Play Media. Alba Productions memberikan kepercayaan kepada MNC Play Media untuk penyediaan koneksi internet dan hotspot gratis kepada seluruh pengunjung IJF 2015 selama acara berlangsung. Head of Marketing MNC Play Media Aditya Haikal mengapresiasi kerja sama itu.

Menurutnya, perkembangan industri musik global dan nasional saat ini yang sudah beralih ke era digitalisasi yang berbasis internet. ”Selain akses internet kepada pengunjung, MNC Play juga menyediakan layanan tayangan live streaming dan re-run acara IJF yang dapat dinikmati melalui www.mncplaymedia.com/ live/IJF ,” paparnya.

Fatturachman hakim
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7915 seconds (0.1#10.140)