Tiga Wakil Spanyol Masuk Grup Berat

Jum'at, 28 Agustus 2015 - 08:55 WIB
Tiga Wakil Spanyol Masuk Grup Berat
Tiga Wakil Spanyol Masuk Grup Berat
A A A
MONACO - Wakil Spanyol mendapat tantangan berbeda pada putaran grup Liga Champions 2015/2016. Mencatatkan diri sebagai negara pertama dengan lima tim di babak utama, undian di Grimaldi Forum, Monaco, kemarin, menempatkan tiga klub Primera Liga di grup neraka.

Masuk Grup E, juara Spanyol dan Eropa Barcelona mesti melewati Bayer Leverkusen (Jerman), AS Roma (Italia), dan BATE Borisov (Belarus) dalam upaya menjadi tim pertama yang mempertahankan gelar pada era Liga Champions.

Di Grup A, penguasa Eropa 10 kali Real Madrid harus saling sikut melawan Paris Saint-Germain. Adapun laga tandang melawan Shakhtar Donetsk (Ukraina) dan Malmo FF (Swedia) juga tidak boleh diremehkan karena perjalanan jauh yang menguras tenaga. “Grup ini sulit. Tapi kami pasti mencoba lolos dan meraih gelar. Sebab Liga Champions kompetisi penting,” kata andalan Madrid Cristiano Ronaldo.

Namun rintangan paling berat dimiliki Sevilla. Hadir di Liga Champions menggunakan tiket dari Liga Europa, pasukan Unai Emery itu meratap nasib dikelompokkan dengan tiga andalan penghuni 4 besar koefisien UEFA di Grup D. Sevilla dijadwalkan bertemu finalis musim lalu Juventus (Italia), Manchester City (Inggris), dan Borussia Moenchengladbach (Jerman).

Tantangan dua klub Spanyol lain di atas kertas tidak sesulit tiga kompatriot mereka. Atletico Madrid akan bersaing memperebutkan posisi juara Grup C versus SL Benfica. Tapi anak buah Diego Simeone itu mesti memikirkan dua partai tandang melelahkan kontra Galatasaray (Turki) dan Astana (Kazakhstan). Di Grup H, Valencia turut mendapati ganjalan serupa dengan perjalanan jauh untuk bersua Zenit St Petersburg. Adapun dua rival lain mereka adalah Olympique Lyon (Prancis) dan Gent (Belgia).

Pada persaingan di kelompok lain, Manchester United (MU) dijadwalkan kembali ke Moskow, lokasi kemenangan mereka pada 2007/2008, untuk menghadapi CSKA Moskva di Grup B. Winger MU Memphis Depay juga berkesempatan pulang ke PSV Eindhoven. Depay menciptakan 22 gol untuk membawa PSV menjuarai Eredivisie sebelum dibeli MU senilai 25 juta poundsterling musim panas lalu.

Di Grup F, Bayern Muenchen mesti kembali meladeni Arsenal. Keduanya sempat berduel pada 16 besar 2012/2013 dan 2013/2014. Bayern boleh percaya diri karena memenangi dua pertarungan tersebut. Penghuni lain grup ini adalah Olympiakos Piraeus (Yunani) dan Dinamo Zagreb (Kroasia).

Pada Grup G, juara Inggris Chelsea juga mesti direpotkan masalah logistik pada pertandingan tandang. Fisik John Terry dkk bakal terkuras karena harus terbang jauh demi melawan FC Porto (Portugal), Dynamo Kyiv (Ukraina), dan Maccabi Tel Aviv (Israel).

Ke-32 partisipan Liga Champions musim ini mulai bertanding pada 15-16 September. Kompetisi ditutup dengan laga final di San Siro, Milan, pada 28 Mei 2016. Perubahan peraturan memberi dinamika baru undian kemarin.

UEFA menetapkan penghuni pot unggulan berasal dari tujuh pemenang liga domestik dengan koefisien terbaik plus juara bertahan. Sebelumnya wakil pot 1 ditentukan berdasarkan koefisien klub.

Harley ikhsan
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7630 seconds (0.1#10.140)