Calhaj Perlu Minum 10 Gelas Sehari

Rabu, 26 Agustus 2015 - 10:03 WIB
Calhaj Perlu Minum 10 Gelas Sehari
Calhaj Perlu Minum 10 Gelas Sehari
A A A
BOYOLALI - Calon jamaah haji (calhaj) diminta minum minimal sepuluh gelas setiap hari selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci. Kekurangan cairan tubuh pada cuaca yang sangat panas berisiko terkena serangan stroke.

Kepala Pusat Haji Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Fidiansjah mengatakan, sepuluh gelas air yang diminum saat menunaikan ibadah haji tidak akan membuat calhaj sering kencing. Air dalam tubuh akan terhisap oleh suhu yang sangat panas. Pasalnya, cuaca di Arab Saudi sangat panas, bahkan bisa mencapai 50 derajat Celsius.

Jika dehidrasi, itu mengganggu kerja organ tubuh seperti jantung dan otak. ”Tanda-tanda awalnya kaki menjadi pegal karena kurang cair. Setelah itu, tubuh seluruhnya menjadi pegal-pegal dan mudah capek,” ungkap Fidiansjah saat dialog haji yang digelar Sindo Weekly di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah, kemarin.

Dia menambahkan, gejala makin meningkat ketika mengalami kram otot. Puncaknya, terkena stroke atau pecah pembuluh darah. Fidiansjah juga mengungkapkan, sekitar 30% calhaj di Indonesia adalah penderita penyakit darah tinggi. Karena itu, selain minum air minimal sepuluh gelas, calhaj juga dianjurkan makan tujuh kurma.

”Penderita kencing manis tidak perlu khawatir karena jenis kadar gula yang terkandung di dalamnya berbeda,” tegasnya. Vice Presiden Master Card Tommy Singgih meminta para calhaj dapat mengatur keuangan selama menjalankan ibadah haji. Termasuk, berhati-hati dalam membawa uang.

Apabila terlalu banyak dikhawatirkan bisa tercecer, terlebih ketika mengenakan pakaian ihram. Belum lagi jika dititipkan, justru kerap lupa sehingga calhaj disarankan membawa uang secukupnya, sementara sisanya disimpan dalam rekening. Jadi, ketika membutuhkan uang tinggal mengambil di ATM di Arab Saudi.

”Jika uangnya kurang bisa minta transfer dari rumah,” terangnya. Dia juga menyebutkan bahwa Master Card menyediakan teknologi dan jaringan keuangan untuk kemudahan para calhaj, sehingga kartu ATM yang memiliki logo Master Card dapat mengambil uang melalui ATM di seluruh dunia yang memiliki logo sama. Bahkan, salah satu bank di Arab Saudi telah menyediakan layanan dalam bahasa Indonesia di ATM.

Ary wahyu wibowo
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8399 seconds (0.1#10.140)