Inovasi Mahasiswa Disinergikan dengan Program Pemprov DKI

Senin, 24 Agustus 2015 - 09:45 WIB
Inovasi Mahasiswa Disinergikan dengan Program Pemprov DKI
Inovasi Mahasiswa Disinergikan dengan Program Pemprov DKI
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta akan mensinergikan inovasi mahasiswa yang menjadi finalis Social Innovation Competition (SIC ) 2015 dengan berbagai program yang ada.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ikut mendukung penuh penyelenggaraan SIC. Pemprov bakal memanfaatkan inovasi tersebut sebagai solusi permasalahan kota. ”Lomba dirancang dengan kategori yang bisa langsung diaplikasikan. Semoga ada hasil kompetisi ini yang dapat dimanfaatkan Pemprov DKI untuk kepentingan orang banyak,” ujar perwakilan Dewan Research Daerah (DRD) DKI Jakarta Tusy Adibroto kemarin.

Dia berharap SIC dijadikan acara tahunan dan sebagai sarana generasi muda untuk berperan menciptakan solusi dari masalah sosial. ”Pemprov sudah mendukung acara ini selama dua tahun. Pak Gubernur juga meminta acara ini diadakan setiap tahun,” ucapnya.

Sebelumnya puluhan pelajar dan mahasiswa dari berbagai daerah memamerkan inovasinya di hadapan pejabat Pemprov DKI Jakarta pada Kamis (20/8). Para finalis dari empat tim terbaik mempresentasikan berbagai inovasi pemecahan masalah Ibu Kota. Darurat karya mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi finalis terbaik untuk kategori mobile apps .

Selain meraih piala Gubernur DKI Jakarta, tim ini juga berhak atas uang tunai sebesar Rp30 juta dari PT Indomarco Prismatama (Indomaret). Darurat merupakan inovasi yang mengintegrasikan sistem pelaporan darurat atas kejadian-kejadian yang ada di sekeliling misalnya kecelakaan dan kebakaran.

”Inovasi ini dinilai memiliki keunggulan dari delapan tim finalis lainnya karena mampu mengintegrasikan sistem pelaporan darurat yang selama ini masih terpisah. Inovasi ini menjawab permasalahan perkotaan dan memiliki dampak sosial yang luas,” ungkap Ketua Panitia SIC 2015 Odi Akhyarsi.

SIC merupakan salah satu agenda tahunan dari Center for Technopreneurship and Innovation (CTI) - Surya University (SU). Dengan misi mengembangkan iklim inovasi dan entrepreneurship di Indonesia, CTI-SU menggagas berbagai program untuk mempromosikan entrepreneurship mulai dari anak (SD) hingga dewasa (UKM/UMKM).

Sucipto/okezone
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2992 seconds (0.1#10.140)