Tempat Tawaf Diperluas Lima Lantai

Sabtu, 22 Agustus 2015 - 10:39 WIB
Tempat Tawaf Diperluas Lima Lantai
Tempat Tawaf Diperluas Lima Lantai
A A A
MEKKAH - Perluasan Masjidilharam, Mekkah untuk menambah kenyamanan jamaah saat beribadah hingga kemarin masih berlangsung.

Sejumlah alat berat dan ribuan pekerja masih sibuk menyelesaikan bangunan di beberapa titik, yang diharapkan tahun depan sebagian sudah bisa digunakan. Seorang pekerja, Arifin Irsyad, mengaku sudah setahun menjadi pekerja proyek Masjidilharam. ”Bangunannya lima lantai yang nanti dipergunakan untuk tawaf,” kata pria asal Makassar, Sulawesi Selatan itu kepada KORAN SINDO kemarin.

Bangunan baru yang sedang dikerjakan Arifin dan sekitar 5.000 pekerja Indonesia lainnya tersebut berada di sayap timur Masjidilharam, tepatnya di depan Tower Zamzam, yang terkenal dengan jam empat sisi di puncaknya. Jika jamaah akan masuk ke Masjidilharam melalui pintu atau Gate King Fahd, proyek ini berada di sebelah kanan.

Saat sedang tawaf di depan Kakbah, akan kelihatan jelaspengecoranbetondengan alat berat yang sudah mencapai beberapa tingkat. Proyek ini mengelilingi Kakbah. Arifin menjelaskan, secara keseluruhan bangunan akan selesai semuanya pada 2020 atau lima tahun lagi.

Sedangkan beberapa lantai yang sudah selesai kemungkinan besar tahun depan sudah bisa dipakai untuk tawaf. Untuk pekerjaan ini, dia mendapat upah Rp8 juta per bulan. ”Itu sudah bersih, kami tinggal di mes perusahaan, makan dan minum pun sudah ditanggung,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Media Center Haji Daerah Kerja (Daker) Bandara Madinah-Jeddah Achmad Gufron mengatakan, bangunan baru itu sebelumnya merupakan hotel dan pemondokan jamaah haji yang dirobohkan. ”Kalau sudah selesai semua, jamaah bakal lebih lega saat melaksanakan tawaf di puncak haji,” paparnya.

Sebelumnya Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengungkapkan, mulai 2016 sejumlah bangunan baru di Masjidilharam sudah bisa dipakai jamaah.

Sunu hastoro f
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4703 seconds (0.1#10.140)