Simbol Masa Depan Nissan

Sabtu, 22 Agustus 2015 - 10:27 WIB
Simbol Masa Depan Nissan
Simbol Masa Depan Nissan
A A A
PT Nissan Motor Indonesia (NMI) membawa AllNew Nissan X-Trail Hybrid ke pasar Indonesia. Mobil ini tampil perdana di ajang Gaikindo Indonesia International AutoShow (GIIAS) 2015.

Apa saja kelebihannya ? Memiliki mobil hybrid sepertinya bisa jadi pilihan yang menyenangkan bagi masyarakat Indonesia. Memang di Indonesia, mobilmobil hybrid dibanderol dengan harga yangluar biasa mahal. Hanya saja berbekal kelebihan yang lebih baik dibandingkan mobil dengan berbahan bakar kovensional, mobil hybrid bukan lagi sekadar prestise belaka.

Ambil contoh dengan apa yang dilakukan PT Nissan Motor Indonesia saat meluncurkan All New Nissan X-Trail Hybrid di GIIAS2015. Lewat mobil ini Nissan ingin menunjukkan komitmen mereka terhadap teknologi. Terlebih lagi mereka memiliki slogan innovation that excite, yang menitik beratkan pentingnya inovasi teknologi guna mengejutkan masyarakat.

Dalam hal ini, untuk pasar Indonesia, All New Nissan X-Trail Hybrid, adalah kejutannya. Dari segi penampilan All New Nissan X-Trail Hybrid dan All New Nissan X-Trail juga tidak telalu jauh berbeda. Memang ada perbedaan kecil di bagian diffuser depan dan belakang yang kini lebih dinamis. Tentu saja ini dilakukan untuk memperlancar aliran udara yang sangat dibutuhkan oleh mobil hybrid.

Selain diffuser,perbedaan mencolok hanyalah pada emblem Pure Drive Hybrid di sisi kiri dan kanan spatbor dan sudut kanan bawah pintu bagasi. Bagian interior juga tera sasama. Semuanya plek jiplek dengan All New Nissan X-Trail yang sudah ada.Posisi duduk pas dengan pengatur jok sopir elektrik dan desain dashboard modern akan membuat Anda betah dan kerasan berada di balik kemudi.

Begitu Anda melihat ke panel isntrumen yang berada di balik kemudi, ditemukan banyak perbedaan. Di bagian ini terdapat indikator Power sebagai isyarat jumlah daya di baterai yang tersimpan. Juga terdapat logoEV (Electric Vehicle) kecil yang akan menyala saat mobil bergerak dalam mode elektrik. Seperti mobil hybrid lainnya, energy flow merupakan bagian paling menarik dari panel instrument X-Trail hybridini.

Anda dapat melihat polakerja Pure Drive Hybrid System yang mengatur kinerja mesin utama, motorlistrik, baterai dan transmisi CVT agar selalu optimal menyalurkan daya terutama daya listrik. Bicara baterai,Nissan menggunakan baterai lithium ion di bawah jok tengah dan sedikit menginstrusi bagasi. Inil yang membuat X-Trail Hybrid hanya memiliki 5 bangku.Berbeda dengan All New X-Trail yang memiliki 2 varian 5 bangku dan 7 bangku.

Senjata utama lainnya adalah Intelligent Dual Clutch Control. Tapi ini bukan kopling ganda seperti di mobil-mobil sport performa tinggi. Kopling ganda ini hanya dua buah kopling yang menghubungkan mesin utama dengan motor listrik dan menghubungkan motor listrik dengan transmisi CVT.

Mesin mobil ini sendiri masih menggunakan mesin yang ada di varian All New X-Trail 2.0 yakni 1.997 cc 4 silinder dengan tenaga maksimal 147 daya kuda dan torsi maksimal 206Nm. Mesin ini berpadu dengan motor listrik berkode RM31 yang menghasilkantenaga 41 daya kuda dan torsi 160 Nm.

Gabungan kedua mesin inilah yang membuat SUV Nissan ini begitu istimewa. Tidak hanya irit, mobil ini juga memiiki performa yang baik mengingat torsi yang ada di motor listrik tidak memiliki jeda yang kerap mengganggu di mobil-mobil konvensional.

Inilah kelebihan-kelebihan All New NissanX-Trail hybrid yang sangat wajar menjadi representasi simbol masa depan Nissan.

Wahyu sibarani
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5512 seconds (0.1#10.140)