Menunya Diminati Pejabatdan Artis

Minggu, 16 Agustus 2015 - 08:57 WIB
Menunya Diminati Pejabatdan Artis
Menunya Diminati Pejabatdan Artis
A A A
Jika sedang melewati Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), tepatnya di kawasan Medan-Tanjung Morawa, Kabupaten Deliserdang, sesekali singgah dan coba berbagai kuliner yang disajikan di pinggir jalan.

Bersiap-siaplah menikmati wisata kuliner di kawasan yang dikenal memiliki hidangan nan lezat itu.

Para pemilik usaha kuliner di kawasan Jalinsum mengandalkan menu khas masing-masing dan siap menyajikan beraneka ragam rasa serta pilihan.

Tidak hanya kalangan masyarakat umum, pejabat hingga artis pun sangat meminati berbagai menu yang dijual. Bahkan, sejumlah pejabat yang sudah makan di tempat, masih membawa pulang bungkusan makanan demi bisa menikmati kembali menu-menu khas asal Jalinsum yang menjadi favoritnya.

Salah satunya ikan aji-aji. Ikan laut ini menjadi menu khas dan andalan Warung Wong Rame yang berada di Jalan Medan- Tanjung Morawa, Desa Tanjung Morawa B, Kecamatan Tanjung Morawa, Deliserdang. Ikan ini disajikan dalam lima jenis ma-sakan yakni bakar, goreng, tauco, asam manis, dan steam.

Konsumen pun dapat memilih sesuai selera. Tidak hanya itu, warung yang berdiri sejak 10 Juli 2003 ini juga menyajikan ikan gurami, ikan siakap, ikan bawal, ikan senangin, ikan kerapu, ikan sembilang, ikan kembung, ikan pari, serta berbagai jenis menu ayam, udang, dan lain-lain. Sayuran yang ditawarkan juga banyak pilihannya.

Pemilik Warung Wong Rame, Serly, 32, mengungkapkan, ikan aji-aji yang menjadi menu khas andalan warung ini membuat banyak konsumen mampir dan kembali lagi demi merasakan nikmatnya masakan tersebut. Banyak juga pejabat yang makan di warungnya, seperti Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho dan Bupati Batubara OK Arya Zulkarnain.

Bukan hanya pejabat tingkat kabupaten/ kota dan tingkat provinsi, yang pernah pula makan di warung yang buka setiap hari pukul 08.00-21.00 WIB ini antara lain Menteri Pendidikan dan Kebudayaan 2009-2014 M Nuh, Wakil Presiden RI 1993-1998 Try Sutrisno, dan Menteri Sekretaris Negara 2004-2007 Yusril Ihza Mahendra. Kemudian, Menteri Pekerjaan Umum 2004-2014 Djoko Kirmanto serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2011-2014 Marie Elka Pangestu.

”Pokoknya pejabat di masa pemerintahan Pak Susilo Bambang Yudhoyono asal singgah ke Sumut, pasti mampir ke sini. Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengkubuwono X juga pernah,” ungkap Serly. Selain para pejabat, artis-artis Ibu Kota juga sempat menyambangi warung ini sepertiAgnesMonica, DewiYull, EndangS Taurina, Doyok, dan masih banyak lagi. Selain Warung Wong Rame, destinasi kuliner lain yang dapat dinikmati di Jalinsum yakni Rumah Makan (RM) Burung Goreng.

Lokasinya berada tepat di Jalan Medan-Tanjung Morawa KM 17, Desa Bangun Sari, Kecamatan Tanjung Morawa, Deliserdang. Sebelum menjadi pemilik rumah makan yang sangat larisini, Ahmad Juned, 70, memulaiusahanya dari berjualan nasi biasa. Dengan mengandalkan menu burung goreng, ayam kampung, pecel, rendang jengkol, dan tauco kerang, usaha Ahmad semakin diincar konsumen, terutama kalangan pejabat.

”Saya awal berjualan nasi biasa di depan rumah tahun 1968. Saat itu saya masih jualan nasi campur, hingga tahun 1980-an baru beralih jualan burung goreng dan bahan lain,” katanya. Meski telah sukses dengan usaha RM Burung Goreng yang diminati masyarakat, Ahmad belum merasa puas. Dia ingin terus mengembangkan usaha dengan memberikan pelayanan lebih baik kepada konsumen sehingga akan semakin banyak yang meminati menu burung goreng andalannya.

”Dari dulu saya jualan modal kepercayaan dan rasa tetap dijaga, apalagi pelayanan bagi konsumen. Dari sekian lama saya berjualan, pejabat yang paling sering singgah makan itu dari kepolisian, kapolda, atau kapolres. Kalau ada tamu, juga dibawa makan di sini,” ungkap Ahmad.

M andi yusri
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3298 seconds (0.1#10.140)