Ini Dia Tipe-Tipe Haters

Sabtu, 15 Agustus 2015 - 09:56 WIB
Ini Dia Tipe-Tipe Haters
Ini Dia Tipe-Tipe Haters
A A A
KETIKA ngomongin haters, terkadang kita menyamaratakan orang yang mengkritik kita dengan tujuan membangun dan orang yang mengkritik kita dengan tujuan menjatuhkan.

Ingat, haters menyampaikan kebenciannya lewat berbagai cara. Ada yang lewat media sosial, komentar di portal berita, atau bahkan secara langsung di dunia nyata. Komentar yang muncul pun beragam, ada yang halus, namun ada juga yang terangterangan kasar. Nah yang perlu digarisbawahi adalah hampir bisa dipastikan bahwa komentar yang ada bersifat negatif.

Dalam menyiasati komentar-komentar yang ada, kita perlu jeli untuk menentukan tipe haters tersebut. Jangan sampai salah menilai sehingga tindakan yang diambil pun jadi ikut salah. Nita Sri Handayani, Dosen Psikologi Universitas Gunadarma, mengklasifikasikan dua tipe haters. Apa saja?

Haters yang jadi sumber kebencian

Pada dasarnya haters tipe ini akan selalu benci terhadap apa pun yang kita lakukan, baik itu tindakan yang bersifat baik maupun kebalikannya, yaitu tindakan buruk. Dengan begitu sikap yang bisa kita ambil ialah tidak perlu memedulikan komentar-komentar yang diberikannya karena sudah hampir bisa dipastikan kalau komentar tersebut bernada negatif. Ciri dari haters ini adalah menebar kebencian. Tujuannya adalah agar orang yang awalnya berhu bung an baik dengan kita menjadi berhubung an buruk dan akhirnya ikut-ikutan membenci kita.

Haters yang ikut-ikutan

Untuk tipe haters kedua bisa dibilang cuma “ikut-ikutan”. Biasanya orang-orang seperti ini hanya terbujuk rayu oleh komentar kebencian yang dimulai oleh haters tipe pertama. Karena perbedaan tipe haters tersebut, selayaknya sikap yang harus diberikan pun berbeda. Kita harus tetap memberikan sikap baik selayaknya perlakuan terhadap orang lain.

Biasanya selang tidak lama pun haters tipe kedua ini akan kembali bersikap baik layaknya seorang teman. Itulah klasifikasi haters secara garis besar. Kalau sudah tahu perbedaannya, maka sikap yang akan kita berikan pun sudah tahu dong harus bagaimana? Yang perlu diingat ialah jangan sampai kita masuk ke dalam 2 jenis haters tersebut. Bagaimanapun membenci orang adalah bukan suatu tindakan terpuji. Kalo gak suka, ya... gaksuka aja tapi jangan sampai membenci.

FERRY SANDI
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5713 seconds (0.1#10.140)