Teknisi Jepang Ciptakan Mobil Terkecil di Dunia

Rabu, 12 Agustus 2015 - 09:29 WIB
Teknisi Jepang Ciptakan...
Teknisi Jepang Ciptakan Mobil Terkecil di Dunia
A A A
Seorang teknisi Jepang, Kuniako Sato, 26, berhasil menciptakan mobil terkecil di dunia yang disebut walkcar. Itu menjadi mobil pertama yang bisa dimasukkan ke dalam tas punggung.

Hanya, walkcar tidak memiliki bentuk seperti mobil, melainkan seperti papan skateboard. Sato bersama bersama rekan tim peneliti dari Cocoa Motors menyebut mobil yang bisa berjalan karena memiliki empat roda. Walkcar dapat berjalan berkat baterai litium yang menempel pada alat tersebut.

Inspirasi menciptakan alat itu setelah dia belajar tentang ilmu sistem pengendali kelistrikan mobil. ”Saya pikir, bagaimana jika kita dapat membawa alat transportasi di dalam tas? Bukankah itu berarti alat transportasi akan selalu bersama kita?” ucap Sato, dilansir Reuters. ”Sahabat saya meminta dibuatkan satu walkcar untuknya, sejak saya menempuh gelar master pada teknik elektrik sistem pengendali mobil,” tambah Sato.

Walkcar memiliki bobot antara dua hingga tiga kilogram bergantung versi dalam ruangan atau luar ruangan. Bahan walkcar berasal dari alumunium dan mampu membawa beban seberat 120 kilogram. Sato mengatakan, alat itu mempunyai cukup tenaga untuk membantu mendorong seseorang yang duduk di kursi roda.

Dia berharap banyak orang yang akan menggunakan karya ciptanya ini. Setelah baterai diisi selama tiga jam, walkcar mampu menempuh jarak sejauh 12 km dengan kecepatan mencapai 10 km per jam. Untuk menjalankan alat itu tergolong mudah. Ketika seseorang berdiri di atas walkcar, mesin otomatis akan menyala. Jika ingin berhenti, pengemudi cukup menurunkan kakinya saja.

Untuk bermanuver ke kiri atau kanan, pengemudi cukup mengarahkan beban tubuhnya sesuai arah yang diinginkan. Setelah sampai di tempat tujuan tak perlu repot untuk mencari tempat parkir karena walkcar dengan mudahnya dapat masuk ke dalam tas. Sato mengatakan, para peminat walkcar sudah dapat memesannya sejak Oktober 2015 pada situs online Kickstarter. Dia sangat yakin bahwa hasil karyanya ini akan laris di pasaran.

Arvin
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0839 seconds (0.1#10.140)