Belasan Kampus Ikuti Pameran Desain Interior

Sabtu, 08 Agustus 2015 - 10:35 WIB
Belasan Kampus Ikuti Pameran Desain Interior
Belasan Kampus Ikuti Pameran Desain Interior
A A A
JAKARTA - Sebanyak 17 perguruan tinggi negeri dan swasta mengikuti acara ”Temu Karya Mahasiswa Desain Interior Indonesia (TKMDII)” yang digelar di Universitas Trisakti (Usakti) Jakarta.

Acara tersebut digelar tiga hari, dari Kamis (6/8) hingga hari ini. Ke-17 perguruan tinggi peserta TKMDII Ke-12 ini adalah Universitas Bina Nusantara, Universitas Mercu Buana, Institut Kesenian Jakarta, Universitas Indonesia, Universitas Tarumanagara, Sekolah Tinggi Desain Interstudi, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Nasional, Universitas Kristen Maranatha, Telkom University, Universitas Komputer Indonesia, Institut Seni Indonesia, Universitas Sebelas Maret, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Kristen Petra Surabaya, Institut Seni Indonesia Denpasar, dan Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Agenda rutin yang digelar dua tahunan ini menjadi wadah menyajikan hasil-hasil karya mahasiswa desain interior se- Indonesia. Tema yang diangkat tahun ini adalah ”Tradition vs Modern ” dan diharapkan memupuk rasa kebersamaan antarmahasiswa.

Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Usakti Ganal Rudiyanto mengatakan, ajang ini bisa mengangkat dan mempertahankan kearifan lokal yang kini mulai tergerus pengaruh- pengaruh luar. Selain itu, bisa meningkatkan mutu dan kualitas desain yang dihasilkan oleh para mahasiswa desain interior yang mengikuti acara ini.

”Kearifan lokal harus tetap diangkat ke permukaan bersama teman-teman desainer. Kita ingin memasukkan unsur-unsur tradisional yang dapat berjalan harmonis dengan seni desain modern,” kata Ganal dalam keterangan resminya.

Ketua Program Studi Desain Interior Usakti Rosalinda Wiemar berharap, mahasiswa dapat mengaplikasikan apa yang telah mahasiswa pelajari dari perkuliahan dan bisa memupuk rasa kebersamaan serta melatih berorganisasi. ”Kegiatan ini juga dapat menambah networking mahasiswa sehingga ini akan sangat membantu mereka setelah lulus,” tuturnya.

Ketua Panitia TKMDII Ke-12 Vebri Verda berharap, acara ini dapat memacu dan meningkatkan kreativitas dan inovasi mahasiswa. Sebagai calon desainer, mahasiswa harus memperkenalkan bidang desain interior agar dapat diapresiasi oleh masyarakat secara lebih luas. Selain pameran hasil karya mahasiswa, TKMDII Ke-12 ini juga diisi dengan workshop yang merupakan pelatihan kerja dan praktik langsung pembuatan space painting , cardboard cair, dan bingkai ondel-ondel.

”Juga akan ada kegiatan seminar, kongres mahasiswa, dan ekskursi yang merupakan perjalanan untuk meninjau objek yang berhubungan dengan interior di Jakarta,” jelasnya.

R ratna purnama
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6018 seconds (0.1#10.140)