Misteri MH370 Terungkap

Jum'at, 07 Agustus 2015 - 09:54 WIB
Misteri MH370 Terungkap
Misteri MH370 Terungkap
A A A
KUALA LUMPUR - Misteri hilangnya pesawat Malaysia Airlines (MAS) di Samudra Hindia selatan mulai terungkap.

Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak kemarin mengungkapkan flaperon yang ditemukan di Pulau Reunion dipastikan berasal dari pesawat MH370. Kepastian itu setelah tim penyelidik di Prancis memastikan bagian sayap pesawat Boeing 777 itu memang bagian dari MH370.

”Hari ini (kemarin), 515 hari sejak pesawat itu hilang, dengan berat hati saya harus menceritakan kepada Anda bahwa tim ahli internasional secara yakin mengonfirmasi serpihan pesawat yang ditemukan di Pulau Reunion merupakan bagian dari MH370,” katanya, dikutip Reuters .

Kendati demikian, para ahli mengaku masih melakukan penyelidikan lebih dalam terhadap bagian sayap MH370 itu di laboratorium militer Prancis. Kemarin merupakan hari kedua sejak mereka mulai menganalisis serpihan tersebut. Sebelumnya mereka mengonfirmasi serpihan itu bagian dari Boeing 777. Satu-satunya pesawat Boeing 777 yang pernah jatuh diyakini hanya MH370.

Pernyataan Najib, terlepas akan diikuti dengan hasil analisis akhir para ahli atau tidak, memperkuat dugaan sebelumnya jika MH370 jatuh di Samudra Hindia. Namun, apa yang terjadi pada pesawat yang membawa 239 penumpang dan kru tersebut masih menjadi tanda tanya besar. Para ahli masih mencari tahu penyebab kerusakan puing itu.

MAS menyambut positif pengumuman itu. Mereka mendeskripsikannya sebagai sebuah temuan besar. ”Kami berharap dapat menemukan lebih banyak objek (ada hubungannya dengan MH370) yang dapat membantu memecahkan misteri hilangnya MH370,” ungkap pernyataan MAS dalam siaran pers.

Meski Malaysia mengeluarkan pernyataan secara resmi, sejumlah pejabat penting yang memiliki kaitan dengan penyelidikan itu menolak memberikan komentar pendukung. Para jaksa di Prancis masih belum bisa yakin serpihan itu bagian dari MH370. ”Itu mungkin sebatas praduga yang sangat kuat,” tandas Jaksa Serge Mackowiak.

Menurut Mackowiak, konfirmasi itu baru didasarkan pada pencocokan data teknis yang terdapat di perusahaan pembuat pesawat Boeing 777 dan MAS. Dengan demikian, konfirmasi itu masih belum dapat dipastikan positif 100% sebab para ahli perlu menemukan nomor serial atau tanda unik yang bisa dijadikan bukti. Perwakilan dari Boeing yang berada di Prancis, kata Mackowiak, mengonfirmasi serpihan itu sama dengan objek yang pernah mereka buat.

Sementara itu, MAS menyerahkan dokumen MH370. ”Para ahli masih perlu melakukan analisis lebih jauh hari ini (kemarin), sedangkan objek terkini akan diperiksa polisi terlebih dahulu,” katanya.

Sementara itu, Menteri Transportasi Malaysia Liow Tiong Lai mengatakan, bantal kursi dan kaca jendela pesawat juga ditemukan di Reunion. Para penyelidik Malaysia tengah mempelajari temuan tersebut. Namun, mereka belum mengonfirmasi apakah temuan itu bagian dari MH370 atau bukan. ”Kami juga menemukan kertas perak dari aluminium,” ujar Lai.

”Itu bagian kecil dari pesawat, tapi serpihan itu tidak bisa kami verifikasi. Pemerintah Prancis yang memiliki wewenang itu,” tuturnya. Lai juga meminta warga di Mauritius dan Madagascar untuk membantu mencari serpihan MH370.

Muh shamil
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7826 seconds (0.1#10.140)