Parpol Kebut Rekrut Calon Kepala Daerah

Jum'at, 07 Agustus 2015 - 06:02 WIB
Parpol Kebut Rekrut Calon Kepala Daerah
Parpol Kebut Rekrut Calon Kepala Daerah
A A A
JAKARTA - Sejumlah partai politik akan menyiapkan pasangan calon kepala daerah untuk biasa berlaga pada pemilihan kepala daerah (pilkada) yang akan digelar serentak pada 9 Desember mendatang.

Langkah tersebut diambil partai politik (parpol) menyikapi keputusan setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang kembali membuka masa pendaftaran calon kepala daerah di tujuh daerah pada 9-11 Agustus mendatang.

Keputusan KPU itu menjawab rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terkait kondisi pilkada di tujuh daerah yang hanya diikuti satu calon pasangan kepala daerah.

"Siap kita konsolidasikan, kita pantau melalui DPW, DPD, dan partai yang berminat dengan PAN. Kita akan ajukan calon," kata Anggota Tim Pilkada DPP PAN Yandri Susanto di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis 6 Agustus 2015.

Yandri mengakui partainya belum memiliki calon di tujuh daerah itu karena KPU baru saja merespons rekomendasi Badan Pengawas Pemilu itu. Namun demikian, PAN akan memetakan kekuatan politik di tujuh daerah tersebut.

Menurut dia, kemungkinannya PAN akan mencoba mengusung di lima daerah. "Mungkin lima (daerah) PAN yang belum punya (calon kepala daerah), kita ajak koalisi, terserah kader PAN di tingkat I dan II," ujar Sekretaris Fraksi PAN di DPR itu.

Menurut Yandri, waktu enam hari yang disediakan oleh KPU untuk sosialisasi dan pendaftaran bisa dimanfaatkan parpol untuk melakukan komunikasi.

Dia menyarankan para ketua umum parpol bertemu dalam sebuah forum, dan serius untuk mengajukan calon di tujub daerah tersebut. "Tak boleh sandera dan menahan calon, saya rasa enam hari terhadap tujuh daerah itu bisa," ucap Anggota Komisi II DPR itu.

Sementara itu, politikus Partai Golkar Rambe Kamarul Zaman mengatakan dari tujuh daerah, Golkar akan mengusung pasangan calon di Mataram.

"Setahu saya yang sudah jelas itu Mataram kan, belum tahu kalau yang lain. Tapi itu sudah bagus lah," kata Rambe.

Rambe menyambut baik respons KPU atas rekomendasi Bawaslu untuk membuka kembali waktu pendaftaran pilkada di tujuh daerah tersebut. "Tapi terlalu singkat," ujar Rambe.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, partainya masih berpeluang untuk mengajukan calon kepala daerah di tujuh kabupaten/kota yang hanya memiliki pasangan calon kepala daerah tunggal.

"Ada peluang (untuk mengajukan) calon kepala daerah lagi," kata Sufmi saat dihubungi wartawan.

Sufmi menyarankan pembukaan kembali pendaftaran calon kepala daerah sebaiknya tidak hanya di tujuh daerah, melainkan seluruh daerah.

"Kan masih banyak daerah yang masih bermasalah karena peta politiknya berubah akibat dualisme kepengurusan Golkar dan PPP," tuturnya.


PILIHAN:


Usul Komisi II DPR Soal Calon Tunggal di Pilkada
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4063 seconds (0.1#10.140)