Pemerintah Apresiasi Atlet Disabilitas Berprestasi

Kamis, 06 Agustus 2015 - 08:44 WIB
Pemerintah Apresiasi Atlet Disabilitas Berprestasi
Pemerintah Apresiasi Atlet Disabilitas Berprestasi
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menyampaikan apresiasi kepada 41 atlet Indonesia yang telah mengharumkan nama bangsa Indonesia pada ajang Special Olympics World Games 2015 di Los Angeles, Amerika Serikat.

”Dengan berbagai keterbatasan, saudara-saudari telah bekerja keras dengan berlatih sungguh-sungguh untuk mengukir prestasi. Betapa bangganya saya,” kata Puan saat menyambut Kontingen Special Olympics Indonesia 2015 di Kantor Kementerian Menko PMK, Jakarta, kemarin.

Special Olympics World Games adalah kompetisi olahraga internasional yang diikuti para atlet disabilitas dari 180 negara. Indonesia sudah beberapa kali mengikuti kompetisi olahraga bagi para atlet penyandang disabilitas ini. Puan mengatakan, prestasi yang telah diukir putra-putri Indonesi adalam ajang Special Olympics merupakan hasil dari mewujudkan karakter bangsa Indonesia.

Karakter bangsa Indonesia, lanjut Puan, mau bekerja keras, bergotong- royong, danberintegritas. ”Karakter yang saudarasaudari tunjukkan adalah teladan bagi kita semua. Apa yang saudara-saudari lakukan di Special Olympics menyatakan bahwa keterbatasan bukanlah suatu alasan untuk dapat berprestasi,” tutur Puan.

Puan mengatakan, pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla telah menyiapkan bonus bagi para atlet yang meraih medali emas, perak, dan perunggu dalam Special Olympics 2015 di Amerika Serikat.

”Bonusnya yang diterima sama dengan para atlet Sea Games (di Singapura) lalu. Saya bangga bisa melihat Indonesia Raya berkumandang dan bendera Merah Putih berkibar di ajang internasional,” kata Puan. Puan berharap bonus yang diberikan pemerintah bisa digunakan para atlet dengan baik. ”Insya Allah akan diterima Agustus atau September,” ucapnya.

Ketua Umum Special Olympics Indonesia Pudji Hastuti mengatakan, tim Indonesia memperoleh 19 emas, 12 perak, dan 5 perunggu dari tujuh cabang olahraga yang diikuti. ”Kontingen Indonesia dapat kehormatan di sana,” kata Pudji.

Tim Indonesia yang berangkat ke Special Olympics 2015 berjumlah 60 orang, 41 orang merupakan atlet yang berasal dari 13 provinsi. Tujuh cabang olahraga yang diikuti tim Indonesia antara lain atletik, renang, bulutangkis, sepak bola, dan tenis meja.

Rahmat sahid
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8435 seconds (0.1#10.140)