Warga Kulonprogo Kembangkan Pompa Hidram

Rabu, 05 Agustus 2015 - 08:12 WIB
Warga Kulonprogo Kembangkan...
Warga Kulonprogo Kembangkan Pompa Hidram
A A A
KULONPROGO - Warga Pedukuhan Jonggrangan, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo, Yogyakarta, memasang pompa hidram untuk mengatasi kekeringan.

Pompa yang menggunakan tenaga air ini dipasang di mata air untuk dialirkan ke rumah-rumah warga. Alhasil, program itu cukup efektif dalam mengatasi kekeringan dan kelangkaan air bersih. Pedukuhan Jonggrangan selama ini menjadi langganan kekeringan. Setiap musim kemarau warga harus mencari sumber mata air dengan menuruni perbukitan.

Namun, sejak dua bulan lalu warga bisa bernafas lega. Secara swadaya warga membeli mesin pompa hidram untuk mengangkat air ke atas guna disalurkan ke rumah penduduk. ”Sekitar 130 sampai 150 keluarga kini bisa menerima fasilitas air dari pompa ini,” jelas pengelola pompa hidram Moch Jaidi. Saat ini sudah ada dua pompa hidram yang dikembangkan masyarakat di Jatimulyo.

Pembuatan satu unit mesin pompa butuh anggaran senilai Rp4 juta. Pengoperasian pompa itu pun hanya dilakukan saat musim kemarau. Itu pun bergantung mata air di sumber mata air yang ada. ”Daripada harus mencari, cara ini lebih praktis,” jelasnya.

Kuntadi
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8805 seconds (0.1#10.140)