Ganjar Tawarkan Pesona Wisata Magelang

Rabu, 29 Juli 2015 - 09:11 WIB
Ganjar Tawarkan Pesona Wisata Magelang
Ganjar Tawarkan Pesona Wisata Magelang
A A A
MAGELANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memperkenalkan pesona pariwisata di Kabupaten Magelang kepada ratusan pelajar peserta International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) dari 41 negara.

”Kami sampaikan kepada para peserta IOAA dari berbagai belahan dunia, mumpung berada di Magelang, saya persilakan menikmati sejuknya udara danindahnya panoramadisini,” kata Ganjar dalam sambutan tertulis yang disampaikan PelaksanaHarianSekdaProvinsi Jawa Tengah Joko Sutrisno pada pembukaan IOAA di pelataran Candi Borobudur, Magelang, Senin (27/7) malam.

Ganjar juga mempersilakan peserta mengobservasi kemegahan Borobudur sebagai salah satu peninggalan bersejarah yang dibangun dengan memperhatikan aspek astronomi. Menurutnya, pesona pariwisata di Magelang tidak hanya Borobudur, tetapi ada Candi Mendut, Candi Pawon, Candi Ngawen serta wisata religi Gunungpring dan Makam Sunan Geseng. Di Magelang juga ada desa wisata Candirejo dan Wanurejo, gardu pandang Ketep Pass, air terjun Kedung Kayang, Curug Silawe dan Sekar Langit serta pemandian air hangat Candi Umbul.

Selain itu, juga ada oleh-oleh khas Magelang seperti keripik singkong, slondok, potil, dan puyur sebagai buah tangan untuk kawan, keluarga, dan kerabat. Menurut politikus PDIP ini, masyarakat Jawa Tengah dan Indonesia pada umumnya siap menawarkan keindahan, kehangatan, kenyamanan dan kebahagiaan melalui budaya, tradisi, dan keragaman yang ada.

”Saya menyambut antusias penyelenggaraan IOAA sebagai ajang memacu semangat bagi kaum intelektual muda untuk mengembangkan dan membangun diri agar dapat memberikan sumbangsihnya terhadap peradaban dunia dalam bingkai rasa cinta damai dan persamaan derajat,” paparnya. Sebagai gubernur Jateng, Ganjar berharap IOAA dapat berlangsung dalam nuansa positif dan saling membangun sehingga semua siswa siap menjadi pilar penyangga pembangunan peradaban dunia yang elok.

Seluruh peserta IOAA juga diharapkan menjunjung tinggi sportivitas dan integritas, mematuhi segala aturan yang berlaku agar seluruh rangkaian kegiatan berjalan lancar. Sebanyak318pesertadari 41 negara ambil bagian dalam IOAA yang digelar di Lapangan Lumbini, Kompleks CandiBorobudur, 26 Juni-4 Agustus 2015. IOAA merupakan olimpiade tahunan yang diperuntukkan bagi anak-anak SMA berprestasi dalam bidang astronomi dan astrofisika.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan pada acara pembukaan IOAA mengaku bangga Indonesia kembali didaulat menjadi tuan rumah event internasional ini. ”Olimpiade ini bisa menjadi ajang untuk meningkatkan minat yang besar pada astronomi dan astrofisika,” ujarnya.

Hery priyantono/ muh fauzi/ant
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7843 seconds (0.1#10.140)