Ajang Persaingan Teknologi Terbaru

Selasa, 28 Juli 2015 - 08:02 WIB
Ajang Persaingan Teknologi Terbaru
Ajang Persaingan Teknologi Terbaru
A A A
JAKARTA - Perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 dipastikan jadi ajang kehadiran teknologi termutakhir industri automotif.

Sejumlah produsen siap meluncurkan produk teranyarnya di pameran berskala internasional yang digelar 20-30 Agustus 2015 di ICE, BSD City, Tangerang Selatan ini. Ketua Penyelenggara GIIAS Johnny Darmawan mengungkapkan, GIIAS diikuti 35 merek kendaraan dari passenger cars dan commercial vehicle. Beberapa pendatang baru juga bakal meramaikan, seperti Aston Martin, Lexus, McLaren, dan Porsche.

Kehadiran brandbrand premium ini tak dimungkiri bakal membuat GIIAS kian prestisius. “Kita telah meminta agen pemegang merek (APM) supaya membawa teknologi baru,” kata Johnny di Jakarta kemarin. Dia menuturkan, persiapan untuk menggelar pameran ini mendekati final. “Hampir 90%, sudah siap,”tegas dia. GIIAS 2015 merupakan pameran automotif Indonesia yang resmi diselenggarakan Gaikindo dan diakui dunia sebagai pameran automotif bertaraf internasional.

Pengakuan itu dinyatakan langsung oleh organisasi automotifdunia( Organisation Internationale des Constructeurs dAutomobiles/OICA). Beberapa produsen memastikan akan menggunakan momen ini untuk meluncurkan jagoan mereka. Sebut saja PT Honda Prospect Motor yang akan menampilkan Honda BRV (Bold Runabout Vehicle). Dalam ajang ini, Honda direncanakan memajang tampang purwarupa BR-V untuk pertama kalinya di dunia.

Honda BR-V dirancanguntukpasarAsia oleh Honda R&D Asia Pacific Co Ltd di Thailand dan PT Honda R&D Indonesia. Dari pabrikan Eropa, Audi bakal memajang sejumlah produk anyar seperti All New Q7 dan The New Q3. Audi menjadikan pameran ini untuk memperkuat merek dan keberadaannya di Indonesia. Ada juga Renault yang direncanakan mengenalkan1modelMPVbaru yang belum pernah dipasarkan di kawasan ASEAN.

Sementara itu, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo mengatakan, di setiap ajang motor show, Toyota tak pernah absen mengenalkan teknologiteknologi masa depan sekaligus konsep-konsep terbaru Toyota kepada publik. “Jadi, sifatnya lebih ke ajang komunikasi antara masyarakat dan Toyota sendiri. Nanti masyarakat bisa menilai bagaimana ke depannya,” ujarnya.

Disinggung mengenai isu kehadiran New Toyota Fortuner 2015 ke pasar Tanah Air,Rahmat Samulo menyatakan bahwa masing-masing negara memiliki strategi tersendiri dalam meluncurkan produk barunya. Kebutuhan konsumen untuk produk-produk tertentu, kata dia, bergantung dari negaranya. “Mungkin karena ada kabar di Thailand sudah launching, sehingga saya sering ditanya (kapan dipasarkan di sini). Tetapi Indonesia kan punya strategi produk, fokus produk, dan kebutuhan produk yang berbeda dengan Thailand. Jadi enggak bisa disamain,” jelasnya.

Bukan Pameran Biasa

Mengusung tema “Smart Mobility for the Future”, GIIAS mendesain perhelatan ini bukan sekadar ajang pameran mobil semata. GIIAS mengusung misi dukungan bagi industri automotif dalam menciptakan cara cerdas berkendara dengan memanfaatkan teknologi terbarukan. “Sejalan dengan itu, kami juga ingin mendorong masyarakat dan konsumen memilih secara cerdas pula produkproduk kendaraan yang sudah didukung teknologi ramah lingkungan,” papar Johnny.

Seperti diketahui, para peserta GIIAS 2015 ini akan menempati 10 exhibition hall dan 1 area convention hall dengan luas area indoor sebesar 60.000 meter persegi. Dengan ditambah area pameran di luar ruangan, total area pameran GIIAS 2015 mencapai 91.577 meter persegi.

Sebagai pameran yang diharapkan jadi benchmark perkembangan industri automotif Tanah Air, GIIAS tak melulu etalase mobilmobil anyar dan tercanggih, namun juga menyertakan berbagai hiburan spektakuler dan acara-acara edukatif lainnya.

Beberapa acara tersebut misalnya 4x4 Challenge, kejuaraan Champion of Champions, Supercar Taxi Ride, Big Bike Test Ride, Live Modz Show Off 2015 “Its Battle Time”, dan Modcomfest 2015.

Oktiani endarwati
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6217 seconds (0.1#10.140)
pixels