Mengobrak-Abrik Mainan 1:6

Sabtu, 25 Juli 2015 - 11:34 WIB
Mengobrak-Abrik Mainan 1:6
Mengobrak-Abrik Mainan 1:6
A A A
Indonesia One Sixth (IOS) adalah komunitas penghobi mainan yang secara khusus mengoleksi dan “mengobrak-abrik” action figure dengan skala 1:6. Apa asyiknya?

Ada pemeran film The Expendables 3(2014) seperti Jet Li, Sylvester Stallone, Jason Statham, dan Dolph Lundgren, serta pasukan elite Amerika di film Fury(2014) dalam diorama di salah satu sudut pameran Real American Heroes Convention(RAH-con) di Kuningan City, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Tampilan action figureitu sangat detail, termasuk dari kostum, detail tubuh dan wajah, begitupun atribut perang seperti seragam militer, helm, rompi antipeluru, senjata AK 47, bom, dan kendaraan macam ATV, boatdan tank baja. Di komunitas IOS yang berdiri sejak 2010 ini, kamu bisa menemukan banyak sekali tantangan dan keasyikkan memainkan action figure dengan tinggi hingga 30 cm.

Eko, 31, salah satu anggota komunitas IOS mengaku sudah lama mencintai dan membuat action figure militer. “Sejak bergabung dalam komunitas, gue mendapat wadah untuk berbagi pengalaman dengan pehobi yang sama,” kata pria yang bekerja sebagai arsitek ini.

“Siapa pun bisa berkreasi dengan benda seperti baju, celana, topi, kacamata, helm, sepatu, senjata dan lainnya dibuat dengan skala 1:6,” sebutnya. Komunitas IOS bukan hanya mengoleksi mainan, juga merombak dan menciptakan karakter baru sesuai keinginan. Kegiatan itu disebut Kitbash.

Eko termasuk Kitbasher. Selama lima tahun terakhir ini Eko sudah membuat lebih dari lima puluh action figure. Mulai pasukan militer Amerika, tentara Nazi, tentara Perang Salib, tentara Perang Dunia, hingga pasukan elite militer. “Semua action figure orisinal buatan saya sendiri,” ucap Eko.

Tidak sulit untuk mendatangkan bahanbahan untuk membuat satu action figure. Para memberbiasanya berbagi partatau memesan langsung dari Hong Kong. Atau bahkan ada tangan kreatif yang menjahit bahan sendiri. Komunitas IOS secara rutin mengadakan gatheringsekali sebulan.

Gatheringini biasa dimanfaatkan Kitbasher untuk saling berbagi pengalaman, tukar menukar atribut, dan menjual mainan. ”Modalnya cukup dengan mencintai mainan, juga hobi ’ngobrak-ngabrik’, lalu di-setting latar dioramanya,” ucapnya. IOS tidak membatasi memberatau siapa pun dalam berkreasi. Kunci utama komunitas ini justru terletak dari kesegaran karakter action figure. “Kami membuat action figure yang tidak pernah dibuat oleh produsen mainan pada umumnya,” sebutnya.

Hadi Setioko
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5850 seconds (0.1#10.140)