TNI Ajukan Kenaikan Kesejahteraan untuk Babinsa

Sabtu, 25 Juli 2015 - 11:32 WIB
TNI Ajukan Kenaikan Kesejahteraan untuk Babinsa
TNI Ajukan Kenaikan Kesejahteraan untuk Babinsa
A A A
JAKARTA - TNI berencana menaikkan honor Badan Pembina Desa (Babinsa). Kebijakan ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan prajurit TNI sehingga bisa menjalankan tugasnya dengan lebih baik.

”Itu sudah diajukan ke DPR, dan DPR dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) sudah setuju. Tapi tentu nanti akan dihitung sesuai dengan anggaran yang ada. Jadi, dari yang sekarang Rp50.000, diajukan naik menjadi Rp2 juta/ bulan. Ini di luar gaji pokok. Itu semua agar dia (Babinsa) bekerja optimal dan tidak berpikir macam- macam,” ujar Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Jenderal Fuad Basya kemarin.

Menurut Fuad, tugas dan tanggung jawab Babinsa dalam menjaga keamanan sangat besar, sebab satu orang Babinsa bisa melayani 3–4 desa. ”Seperti yang diceritakan, kadang malam- malam mereka (Babinsa) harus membantu membawa rakyat atau warganya yang sakit ke rumah sakit,” katanya.

Dalam RDP dengan Komisi I DPR, pada prinsipnya anggota dewan menyetujui rencana kenaikan tersebut. Namun, hal itu akan disesuaikan dengan kemampuan negara. ”Nanti DPR akan membahas bersama pemerintah, kira-kira berapa kesanggupannya. Sekarang masih dibahas, berapa nanti besarannya.

Jadi, berapa jumlahnya nanti tergantung pembahasan pemerintah,” ujarnya. Pangdam Jaya Mayjen TNI Agus Sutomo pun menyambut baik rencana peningkatan kesejahteraan para Babinsa. ”Itu (peningkatan kesejahteraan) merupakan wilayah pimpinan. Saya juga baru mendengar ke depan para Babinsa akan ditingkatkan kesejahteraannya,” katanya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Wuryanto mengatakan saat ini proses pembahasan rencana kenaikan tunjangan Babinsa tengah dilakukan DPR. Hingga kini, Mabes TNI AD juga belum menerima undangan untuk dilakukan pembahasan lanjutan. Namun, Wuryanto mengungkapkan bahwa DPR sebenarnya mendukung rencana itu.

Kendati begitu, masih ada beberapa detail yang harus dilakukan, terutama dalam hal pembahasan dengan pemerintah. ”Kami berharap tunjangan bisa naik. Kalau di kota, kerja Babinsa kelihatannya mudah. Tapi kalau di daerah kerja Babinsa itu sangat berat,” katanya.

Sucipto
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3416 seconds (0.1#10.140)