Wali Kota Solo Lepas Pemudik Gratis

Sabtu, 25 Juli 2015 - 11:25 WIB
Wali Kota Solo Lepas Pemudik Gratis
Wali Kota Solo Lepas Pemudik Gratis
A A A
SOLO - Ratusan pemudik gratis pengendara sepeda motor asal Kota Solo dan sekitarnya diberangkatkan menuju Jakarta kemarin. Para pemudik tersebut diberangkatkan dari Kantor Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Surakarta dengan menumpang 10 bus.

Mereka dilepas Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo yang didampingi Sekretaris Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Hari Kriswanto dan Kepala Dishubkominfo Surakarta Yosca Herman Sudrajat. Menurut FX Hadi, tujuan pelaksanaan program mudik gratis tersebut salah satunya untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas di jalan saat Lebaran.

Selain itu, juga untuk menekan angka kecelakaan. Pihaknya berharap kegiatan program mudik gratis yang dilaksanakan oleh Kemenhub tersebut terus ditingkatkan, terutama pelayanan terhadap warga yang hendak pulang kampung saat Lebaran. Selain itu, Rudyatmo berharap dengan adanya mudik gratis untuk warga tersebut juga menjadi ajang silaturahmi dalam mengais rezeki di Jakarta.

Kepala Dishubkominfo Surakarta Yosca Herman Sudrajat mengatakan, jumlah mudik gratis pengendara sepeda motor pada arus balik ke Jakarta dari Kota Solo ada 365 orang. Jumlah pemudik yang diberangkatkan ke Jakarta tersebut dijadwalkan tiba di Kantor Bulog Kelapa Gading hari ini.

Adapun sepeda motor mereka sudah diberangkatkan dari Solo, Kamis (23/7) menuju Jakarta. ”Kami sebelumnya telah mengirim 167 unit kendaraan sepeda motor milik pemudik dengan empat truk dan dijadwalkan tiba di Jakarta, Sabtu (25/7),”katanya. Yosca menjelaskan, pemudik gratis tersebut diselenggarakan Kemenhub yang bekerja sama dengan Pemkot Surakarta.

Program ini dilaksanakan setiap tahun menjelang dan pasca-Lebaran. Siti Palupi, peserta mudik gratis warga Solo, mengatakan bahwa dirinya bersama suaminya, Aris Susanto, memanfaatkan program ini karena sangat membantu meringankan beban ekonomi keluarganya.

”Saya sudah 20 tahun bekerja sebagai pedagang di Bekasi Barat. Saya mudik ke Solo baru pertama kali setelah puluhan tahun bekerja merantau,”kata Siti. Menurut Siti, jika mudik dengan bus umum harga tiket sampai Rp400.000 orang. ”Tetapi dengan adanya mudik gratis ini, sangat membantu dan uang bisa untuk biaya sekolah anak saya,”katanya.

Sudarsono/ant
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8621 seconds (0.1#10.140)