Gelar Tradisi Syawalan, Jalan Dialihkan ke Arteri

Jum'at, 24 Juli 2015 - 09:11 WIB
Gelar Tradisi Syawalan, Jalan Dialihkan ke Arteri
Gelar Tradisi Syawalan, Jalan Dialihkan ke Arteri
A A A
KENDAL - Arus lalu lintas yang memasuki wilayah Kabupaten Kendal dari arah timur dialihkan ke Jalan Arteri Kaliwungu.

Hal itu dilakukan guna mengantisipasi kemacetan di jalur Pantura Kaliwungu tepatnya di depan Masjid Al- Mutaqqin karena menggelar tradisi Syawalan. Tradisi Syawalan berlangsung tiap tahun yakni makam ulama di wilayah Kecamatan Kaliwungu banyak didatangi para peziarah dari berbagai daerah.

Untuk itu, jalur pantura Kaliwungu hanya diperbolehkan dilintasi para peziarah, sedangkan para pengguna jalan lain, arus balik dialihkan ke Arteri Kaliwungu. Kasat Lantas Polres Kendal AKP Dedy Kasiadi mengatakan, karena di pusat kota Kaliwungu ada perayaan tradisi Syawalan, banyak pedagang kaki lima yang berjualan di tepi jalan makam harus dialihkan.

”Kami juga memasang barikade sepanjang jalan serta menempatkan anggota mengatur lalu lintas dan pengalihan arus jika ada kepadatan pengunjung syawalan,” katanya kemarin. Kendaraan umum yang berhenti menaikkan dan menurunkan penumpang juga diarahkan di satu titik sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas.

Polisi sudah mengantisipasi kepadatan pengunjung saat malam midodareni, dengan menutup akses menuju alun-alun Kaliwungu dan membuka kantong parkir di sekitar Pasar Pagi dan Kalibendo. ”Untuk penyeberang jalan yang akan ke alun-alun Kaliwungu, kita atur petugas agar tidak saling serobot menyeberang yang bisa mengakibatkan kemacetan,” imbuhnya.

Sementara, warga mengarak gunungan hasil bumi saat mengikuti tradisi Sesaji Rewandha di Gua Kreo, Gunungpati, Semarang, Jawa Tengah, kemarin. Tradisi yang dilaksanakan setiap Syawal atau setelah Lebaran tersebut telah berlangsung turuntemurun untuk tapak tilas upaya Sunan Kalijaga mencari batang kayu jati yang akan digunakan sebagai tiang Masjid Agung Demak.

Wikha setiawan
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5178 seconds (0.1#10.140)