Yunani Tak Akan Gelar Pemilu Dini

Rabu, 22 Juli 2015 - 10:36 WIB
Yunani Tak Akan Gelar Pemilu Dini
Yunani Tak Akan Gelar Pemilu Dini
A A A
ATHENA - Pemerintah Yunani menegaskan mereka tidak memiliki keinginan untuk menggelar pemilu dini setelah kesepakatan dana talangan dari Uni Eropa (UE).

Perdana Menteri (PM) Alexis Tsipras fokus untuk menjalankan berbagai perjanjian dengan UE untuk menyelamatkan ekonomi Yunani. ”Pemilu tidak bermanfaat saat ini. Pemerintah tidak memiliki keinginan untuk melaksanakan pemilu,” kata juru bicara PM Tsipras, Olga Gerovasili, kepada kantor berita Yunani, ANA.

Dia mengungkapkan, pemerintah ingin menyelesaikan kesepakatan dengan UE dan memulihkan stabilitas. Saat ini PM Tsipras menghadapi tekanan berat dari partainya, Syriza. Dia harus merealisasikan langkah penghematan yang diminta para kreditur dari UE sebagai syarat dana talangan senilai 82 miliar euro atau USD93 miliar.

Kebijakan itu harus berakhir di pemungutan suara parlemen di mana seperlima anggota Partai Syriza, termasuk tiga menteri kabinet, menolak kesepakatan itu. Terpaksa dia harus bergantung pada partai oposisi. PM Tsipras menghadapi tantangan berat lainnya hari ini di mana langkah kedua penyelamatan ekonomi Yunani harus diajukan ke pemungutan suara parlemen.

Langkah itu berkaitan dengan perbankan dan keadilan. Dia sebenarnya ragu dengan kesepakatan penyelamatan ala UE tersebut. ”Tapi, kreditur Yunani akan menyelamatkan negara sehingga tidak ada pilihan lain kecuali menerima persyaratan yang diajukan mereka,” kata PM Tsipras.

Menurut Gerovasili, lebih dari 120 anggota parlemen dari kubu pemerintah akan mendukung langkah PM Tsipras pada pemungutan suara hari ini. ”Isu utama bagi kita adalah tidak boleh kehilangan arah tujuan,” ungkapnya.

Dia menambahkan, anggota parlemen Syriza menghadapi dilema dan reaksi mereka sangat natural. Kedewasaan politik anggota parlemen akan direfleksikan pada pemungutan suara hari ini.

Andika hendra m
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6016 seconds (0.1#10.140)
pixels