Perampokan Wartawati Direncanakan

Selasa, 21 Juli 2015 - 10:13 WIB
Perampokan Wartawati Direncanakan
Perampokan Wartawati Direncanakan
A A A
DEPOK - Polisi menangkap empat pelaku pembunuhan disertai perampokan Nur Baety Rofiq alias Bety, 44, wartawati freelance. Para pelaku mengaku sudah merencanakan aksi perampokan itu.

Empat pelaku yakni S,20; U,22; dan MP,20, diringkus di rumahnya masing-masing di Desa Rawapanjang, Bojong Gede, Kabupaten Bogor, kemarin. Sedangkan, D,25, dibekuk di Bandung. Kasus tersebut berawal pada Jumat (3/7) ketika S, U, dan MP diajak oleh D untuk melakukan perampokan. Pelaku pun membeli pisau di Pasar Lama Citayam. Pada Sabtu (4/7) sekitar pukul 05.00 WIB pelaku menjalankan aksinya.

U, D, dan S yang bertindak, sedangkan MP tidak ikut karena berhalangan. Ketiganya masuk ke rumah korban melalui pintu belakang yang di sampingnya terdapat sawah. Pintu dibuka dengan cara dicongkel. Sebelumnya para pelaku memastikan korban telah tidur karena habis santap sahur. Namun, saat mereka berhasil masuk tiba-tiba korban terbangun. Karena tepergok, mereka kemudian menganiaya korban yang melakukan perlawanan.

D yang memukul korban hingga tersungkur, kemudian U menusuk perut korban hingga sembilan kali. Setelah terluka parah, D kembali menikam leher korban. Usai dipastikan tak bernyawa, D mengikat tangan korban dan meninggalkan di ruang tamu. Korban baru ditemukan oleh kerabatnya pada Sabtu (18/7) pukul 13.00 WIB. Kapolresta Depok Kombes Pol Dwiyono mengatakan, korban sudah meninggal sekitar 15 hari sebelum ditemukan.

Ketika ditemukan, jasadnya dalam keadaan rusak. ”Pelaku memang sudah merencanakan. Pelaku mengetahui kalau rumah itu sering kosong,” ujarnya kemarin. Barang-barang milik korban yang hilang yaitu kamera, laptop, tape recorder, dan ponsel. Sementara, sepeda motor dan perhiasan yang ada di tubuh korban tidak diambil oleh pelaku. Mengenai keterkaitan kasus ini dengan pekerjaan korban, kapolres memastikan bahwa kasus ini murni pencurian.

”Masih kami selidiki mengenai kemungkinan motif lain. Dari hasil olah tempat kejadian perkara, ini kasus pencurian yang disertai kekerasan,” katanya. Barang hasil kejahatan kemudian dijual di Bojong Gede dan Margonda. Kamera dan laptop milik korban dijual seharga Rp2 juta. Uang hasil kejahatan dibagi-bagi, termasuk empat ponsel juga dibagi-bagi.

Berdasarkan pengakuan para pelaku, mereka merampok untuk memenuhi kebutuhan Lebaran dan membeli minuman. Di hadapan polisi, tersangka U mengaku menusuk korban lantaran panik. Pisaunya diletakkan tak jauh dari lokasi kejadian. ”Saya panik dan nusuk ,” ucapnya. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, empat pelaku dijerat Pasal 365 jo 338 KUHP dengan ancaman hukuman lebih dari 15 tahun penjara.

Menurut kriminolog Universitas Indonesia (UI) Yogo Tri Hendiarto, kasus yang menimpa Bety bukan kasus biasa. Dia menduga ada motif lain di balik kasus yang diungkap sebagai perampokan disertai pembunuhan ini. ”Pembunuhan yang berkaitan dengan wartawan tidak boleh dikatakan kasus biasa. Harus dicari tahu latar belakangnya, bagaimana interaksi korban semasa hidupnya.

Apakah ada masalah dengan pemberitaan atau tidak?” ujarnya. Dia menyarankan untuk mengungkap kasus ini harus ditelusuri secara perlahan dan detail, termasuk barang bukti yang diungkap juga harus lengkap. Karena, hingga saat ini masih ada barang bukti yang belum diungkap yaitu laptop.

”Harus dikawal prosesnya, termasuk wartawan juga bisa memantaunya,” katanya. Yogo menduga ada pihak lain yang mendalangi kasus pembunuhan ini. Namun, untuk memastikannya, tentu diperlukan bukti kuat. Yang harus dilakukan saat ini mengumpulkan barang bukti yang mendukung dugaan tersebut.

”Harus dilihat secara detail. Apakah ada ancaman sebelumnya atau ada konflik antara korban dengan orang lain semasa hidupnya,” ucapnya. Jika dilihat dari motifnya yang menusuk hingga sembilan kali, maka bisa terlihat bahwa si pelaku sepertinya menyimpan dendam. Karena dilakukan secara berulang di tempat yang sama. ”Ada hal yang bernilai harga diri.

Ini bukan kasus biasa,” tandasnya. Seperti diberitakan, Nur Baety Rofiq alias Bety, 44, wartawan freelance ditemukan tewas mengenaskan di rumahnya di Perumahan Gaperi Blok NC 6, Kedung Waringin, Bojong Gede, Kabupaten Bogor, Sabtu (18/7). Korban ditemukan dalam kondisi telungkup setengah sujud di ruang tamu tepatnya di belakang pintu. Tangan korban terikat ke belakang dan terdapat bekas jeratan di tangan. Korban mengalami sejumlah luka tusukan, di antaranya di bagian perut.

R ratna purnama/ helmi syarif
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5452 seconds (0.1#10.140)