AS-Kuba Resmi Buka Kedubes

Selasa, 21 Juli 2015 - 10:06 WIB
AS-Kuba Resmi Buka Kedubes
AS-Kuba Resmi Buka Kedubes
A A A
WASHINGTON - Bendera Kuba resmi dikibarkan di Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS), menandai pembukaan kembali kedutaan besar (kedubes) kedua negara. Pemulihan diplomasi kedua negara itu bisa terwujud setelah ketegangan selama lima dekade.

Kesepakatan bersejarah itu terwujud setelah pengumuman rencana rekonsiliasi diplomasi kedua negara yang diumumkan Presiden AS Barack Obama dan Presiden Kuba Raul Castro Desember lalu. Menteri Luar Negeri (Menlu) Kuba Bruno Rodriguez kemarin mengibarkan bendera Kuba untuk pertama kalinya dalam kurun waktu 54 tahun di kedubes di Washington.

Dia juga bertemu dengan Menlu AS John Kerry untuk membahas berbagai isu normalisasi hubungan kedua negara. Pertemuan itu sebagai kunjungan resmi pertama pejabat tinggi Kuba ke Washington sejak 1959. Lebih dari 500 orang menghadiri festival Kuba di Washington, termasuk anggota Kongres.

Undangan tidak dikirim kepada anggota parlemen anti-Castro. Di saat bersamaan, Kedubes AS di Havana juga resmi dibuka. Tapi, tidak ada pengibaran bendera AS hingga Kerry berkunjung ke sana pada bulan depan.

Andika hendra m
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5380 seconds (0.1#10.140)