Para Tokoh Tetap Sambangi Rumah Mega

Senin, 20 Juli 2015 - 09:54 WIB
Para Tokoh Tetap Sambangi Rumah Mega
Para Tokoh Tetap Sambangi Rumah Mega
A A A
JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri belum pernah menggelar open house sejak Lebaran 2013.

Namun, kediaman Megawati di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, tetap selalu menjadi magnet bagi para tokoh, baik pejabat tinggi negeri ini maupun tokoh politik dari lintas partai. Seperti saat hari pertama Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1436 H Jumat (17/7) kemarin, sejumlah tokoh secara bergantian keluar masuk kediaman presiden kelima RI tersebut, meski secara resmi Megawati tidak menggelar open house.

Bahkan, di pintu gerbang rumahnya juga ditempel tulisan Selamat Idul Fitri Mohon Maaf Lahir Batin - Tidak Open House. ”Sebenarnya tidak ada open house, ibu mengkhususkan untuk keluarga. Tapi, apa pun beliau adalah tokoh, jadi banyak sahabat, teman, pimpinan partai, menteri, dan duta besar yang datang,” kata politikus senior PDIP Pramono Anung di kediaman Megawati, Jumat (17/7) kemarin.

Setelah meninggalnya sang suami, Taufiq Kiemas, pada Juni 2013, kediaman Megawati tidak pernah lagi menggelar open house setiap kali hari Lebaran. Namun, posisinya sebagai ketua umum partai serta presiden kelima Indonesia membuat figurnya masih terus ditempatkan sebagai salah satu tokoh nasional yang punya pengaruh kuat dalam perpolitikan Indonesia.

Mereka yang bersilaturahmi ke kediaman Megawati pada Jumat (17/7) tersebut antara lain Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK); Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Marwan Jafar; Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi; Menteri Perdagangan Rachmat Gobel; Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan; Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa; Menpan-RB Yuddy Chrisnandi; serta Menkopolhukam Tedjo Edhy Purdjianto.

Ada pula Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly; Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin; dan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan. Ada pun, beberapa pimpinan lembaga tinggi negara yang datang antara lain Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti; Plt Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Taufiqurrachman Ruki; Kepala Badan Intelijen Negara Sutiyoso; Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang; dan mantan Panglima TNI Jenderal Moeldoko.

”Ibu Mega adalah tokoh bangsa yang sudah banyak kontribusinya untuk bangsa ini. Maka, tentu hal wajar ketika dalam momentum Lebaran seperti sekarang ini kami berkunjung silaturahmi,” kata Menteri Perindustrian Saleh Husin.

Sementara, open house putri Megawati, yakni Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani di rumah dinasnya, Jalan Denpasar, Kuningan, juga dihadiri sejumlah menteri dan tokoh lintas partai.

Puan juga punya menu favorit yang selalu disajikan pada Hari Raya Idul Fitri. Makanan ini dibuat sendiri bersama keluarga besarnya, bukan menu pesanan.

Rahmat sahid
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5689 seconds (0.1#10.140)