2.973 Korban Sinabung Terima Bantuan Sosial

Kamis, 16 Juli 2015 - 12:28 WIB
2.973 Korban Sinabung  Terima Bantuan Sosial
2.973 Korban Sinabung Terima Bantuan Sosial
A A A
KARO - Sebanyak 2.973 kepala keluarga (KK) korban bencana erupsi Gunung Sinabung asal 14 desa dari empat kecamatan menerima bantuan Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) senilai total Rp1,78 miliar.

Keempat kecamatan yang menerima bantuan itu adalah Naman Teran, Payung, Tiganderket, dan Simpang Empat. PSKS merupakan bantuan tunai bagi keluarga kurang mampu yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus sebagai bagian dari penguatan sendisendi perekonomian. Pencairan dana bantuan di Kabupaten Karo ini merupakan PSKS tambahan tahun 2015 khusus daerah bencana. Kepala Kantor Pos Kabanjahe Sukianto mengatakan, pembayaran PSKS dilaksanakan hingga sebelum Idul Fitri.

”Seharusnya besok (hari ini) kita sudah cuti bersama. Namun karena proses penyerahan dana PSKS belum selesai, kita tetap akan buka dan melayani para korban erupsi. Apalagi ini kan sudah mau Lebaran. Walau tidak seberapa, uang tersebut kita yakini sangat berguna bagi mereka. Kita jadwal besok sudah kelar semua,” ujar Sukianto.

Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Kementerian Sosial Syahabudin mengatakan, pemberian bantuan sosial PSKS merupakan lanjutan dari program bantuan sosial pemerintah di tahun sebelumnya. Karena antusiasme warga, rencananya program ini akan dilanjutkan pada tahun yang akan datang. Karena itu, diharapkan kartu yang diberikan kepada warga agar tidak hilang.

”Sebab jika bencana Sinabung masih belum selesai, kemungkinan bantuan yang diberikan akan berlanjut. Bantuan yang diberikan Bapak Presiden Jokowi agar jangan dilihat dari sedikit banyaknya, tetapi ini merupakan tanda bahwa Bapak Presiden benar-benar memperhatikan pengungsi Sinabung di Karo. Untuk itu, bantuan ini agar dimanfaatkan guna kesejahteraan warga Karo” tandas Syahabudin.

Riza pinem
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6134 seconds (0.1#10.140)