Menara Setinggi 99 Meter Jadi Daya Tarik

Jum'at, 10 Juli 2015 - 08:35 WIB
Menara Setinggi 99 Meter Jadi Daya Tarik
Menara Setinggi 99 Meter Jadi Daya Tarik
A A A
SEMARANG - Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) termasuk salah satu tempat ibadah yang selalu ramai pengunjung, terutama di bulan suci Ramadan.

Warga yang datang ke tempat ini tidak hanya untuk beribadah, melainkan juga untuk berwisata. Masjid yang terletak di Kota Semarang ini memadukan dua hal, yakni kemegahan dan keindahan arsitektur. Salah satu daya tarik masjid ini adalah keberadaan menara Al-Husna di sisi kanan bangunan masjid. Setiap harinya, ratusan pengunjung rela antre untuk dapat menaiki menara setinggi 99 meter tersebut.

Tujuannya adalah untuk menikmati panorama dari salah satu titik tertinggi di Kota Semarang. ”Tujuan utama pengunjung umumnya puncak menara di Lantai 19. Di situ pengunjung dapat menyaksikan keindahan kota. Disiapkan lima teropong yang dapat digunakan secara bebas,” kata Kepala Tata Usaha MAJT Fatquri Busyri kepada KORAN SINDO barubaru ini.

Tidak hanya di puncak menara, pada lantai lain menara tersebut terdapat berbagai fasilitas yang dapat digunakan oleh jamaah maupun wisatawan. Misalnya di lantai dasar terdapat studio radio Dakwah Islam (Dais) yang sehari- hari menyiarkan program siaran Islam. Di lantai dua dan tiga pengunjung juga dapat menikmati berbagai koleksi dari Museum Kebudayaan Islam.

Di lokasi itu, terdapat ratusan benda purbakala yang menjadi saksi bisu sejarah Islam di Semarang, mulai kedatangan Islam ke daerah ini, era perjuangan melawan penjajah hingga masa perang mempertahankan kemerdekaan. Hal menarik lain di masjid yang terletak di Jalan Gajah Raya Kecamatan Gayamsari ini adalah bangunan plaza masjid layaknya koloseum terpampang indah dengan ukiran khat Arab yang menawan.

Kesan megah juga terlihat di plaza seluas 7.500 meter persegi yang dilengkapi dengan 6 payung raksasa yang bisa menutup otomatis seperti yang terdapat di Masjid Nabawi di Madinah.

Andika Prabowo
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8035 seconds (0.1#10.140)
pixels