Tahun Infrastruktur untuk Ciamis Manis

Rabu, 08 Juli 2015 - 10:26 WIB
Tahun Infrastruktur untuk Ciamis Manis
Tahun Infrastruktur untuk Ciamis Manis
A A A
Arah kebijakan pembangunan Pemkab Ciamis pada tahun anggaran 2015 akan difokuskan pada perbaikan dan penataan infrastruktur publik, terutama sarana jalan.

Pemkab sudah menyiapkan anggaran porsi besar untuk program infrastruktur. Karena itu, Ciamis mencanangkan 2015 sebagai tahun infrastruktur. Program pembangunan yang paling menjadi prioritas pada periode tahun pertama adalah perbaikan dan penataan infrastruktur, terutama jalan. Jalan merupakan kebutuhan paling utama dalam mendorong peningkatan perekonomian masyarakat.

Mereka pun akan lebih merasakan ada pembangunan apabila sarana jalannya bagus. Di samping itu, persoalan kerusakan jalan di Ciamis beberapa tahun ini juga selalu menjadi isu negatif. Karena itu, pada tahun pertama periode saya, langsung fokus membenahi jalan.

Selain sudah mengalokasikan anggaran di APBD Kabupaten Ciamis, kami pun berupaya mengajukan bantuan anggaran infrastruktur ke pemerintah provinsi dan pemerintah pusat. Kami berharap kucuran anggaran dari provinsi dan pusat bisa mengcover perencanaan pembangunan infrastruktur Kabupaten Ciamis pada 2015 yang membutuhkan dana sekitar Rp150 miliar.

Jika bantuan anggaran infrastruktur dari provinsi dan pusat maksimal, hingga mencapai total kumulatif (APBD Ciamis, bantuan provinsi, dan bantuan pusat) di angka Rp150 miliar, berarti anggaran infrastruktur 2015 akan naik dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Pada 2014 misalnya total kumulatifnya hanya di kisaran Rp70 miliar.

Dalam menuntaskan perbaikan sarana jalan, kami juga akan menggunakan metode skala prio-ritas. Akses jalan poros kecamatan yang selalu padat kendaraan dan menjadi jalur transportasi angkutan umum akan mendapat giliran pertama untuk diperbaiki. Begitu pun, akses jalan penunjang di kawasan agropolitan dan kawasan lumbung padi Kabupaten Ciamis akan mendapat prioritas serupa.

Jalan poros kecamatan yang masuk prioritas tahun ini akan kami tingkatkan perbaikannya dengan lapisan hotmix. Proyek penghotmix - an jalan itu dilakukan agar kekuatan konstruksinya tahan lama dan tidak mudah rusak. Jalan poros kecamatan yang perbaikannya akan ditingkatkan dengan lapisan hotmix di antaranya di Kecamatan Panjalu, Tambaksari, Cimaragas, Pamarican, jalur Baregeg-Sukadana, dan kawasan Kota Ciamis.

Selain program infrastruktur, kami juga akan meluncurkan program bantuan untuk rakyat miskin pada 2015. Bantuan itu di antaranya subsidi beras untuk rakyat miskin (raskin), pengobatan gratis rakyat miskin, dan program bantuan lain-nya. Untuk program subsidi raskin, kami sudah mengalokasikan anggaran sebesar Rp13,5 miliar.

Dalam pelaksanaannya rakyat penerima manfaat raskin mendapat subsidi setengah dari harga raskin. Jadi, harga beras rakyat miskin di Ciamis sebesar Rp800/kg, di mana harga normalnya Rp1.600.

Untuk program pengobatan gratis rakyat miskin, Pemkab Ciamis juga sudah mengalokasikan anggaran Rp6 miliar. Anggaran itu akan digunakan untuk mem-bayar premi asuransi BPJS yang diperuntukkan bagi sekitar 32.000 rakyat miskin di Ciamis.

Iing Syam Arifin
Bupati Ciamis
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5086 seconds (0.1#10.140)