Revitalisasi Pasar Tunjungan Butuh Rp170 Miliar

Senin, 06 Juli 2015 - 10:52 WIB
Revitalisasi Pasar Tunjungan Butuh Rp170 Miliar
Revitalisasi Pasar Tunjungan Butuh Rp170 Miliar
A A A
SURABAYA - Perusahaan Daerah (PD) Pasar Surya memperkirakan nilai investasi membangun kembali (revitalisasi) Pasar Tunjungan, Surabaya, Jawa Timur mencapai Rp170 miliar.

Sejauh ini BUMD itu belummemutuskankonsepbangunan tersebut. Namun, pasar ini akan tetap akan menampung para pelaku usaha kecil dan sebagian lagi digunakan untuk sektor komersial. Plt Direktur Utama PD Pasar Surya Bambang Parikesit mengatakan, dana pembangunan revitalisasi pasar di Jalan Tunjungan itu sepenuhnya ditanggung Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, sedangkan untuk pembongkaran bangunan akan ditanggung PD Pasar Surya.

Untuk pembongkaran bangunan ini, pihaknya menganggarkan dana Rp1 miliar. Dari total sekitar Rp1 miliar itu, sekitar Rp100 juta digunakan untuk appraisal. ”Kami targetkan pengosongan bangunan sekitar September mendatang. Saat ini kami sudah mulai sosialisasi kepada para penghuni stan yang ada di sana. Setelah pengosongan, baru pada November kami akan lakukan pembongkaran. Bangunan pasar itu akan kami ratakan,” katanya.

Bambang menambahkan, Pasar Tunjungan itu dihuni 101 pemilik stan. Dari jumlah itu, yang aktif beroperasi hanya 44 stan. Sebagian stan yang beroperasi itu ada yang digunakan sebagai ruang perkantoran dan sebagian lagi untuk bisnis konveksi. Sementara itu, anggota Komisi B DPRD Kota Surabaya Baktiono menilai pemkot kurang serius dalam merevitalisasi pasar legendaris ini.

”Kenapa proyek revitalisasi ini molor, itu karena DED-nya masih belum jelas. Lalu, peruntukan dan perencanaan pasar juga belum jelas, sebab harus ada survei dan studi kelayakan untuk revitalisasi pasar ini,” katanya. Dia juga berharap konsep Pasar Tunjungan ini tidak hanya untuk pasar rakyat, tapi juga harus didesain sebagai pasar modern.

Lukman hakim
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7162 seconds (0.1#10.140)