Pemudik Motor Tetap Tinggi

Minggu, 05 Juli 2015 - 10:34 WIB
Pemudik Motor Tetap Tinggi
Pemudik Motor Tetap Tinggi
A A A
JAKARTA - Jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor tahun ini diprediksi tetap tinggi. Program mudik gratis yang disiapkan pemerintah dan pihak swasta belum signifikan mengurangi minat pemudik untuk tidak menggunakan motor saat pulang kampung.

”Saya sudah lakukan penelitian dan menanyakan kepada mereka yang dulu mudik dengan sepeda motor. Tahun ini katanya tetap begitu. Alasannya karena bebas, jadi kalau naik angkutan umum nanti sampai kampung tidak ada kendaraan,” ujar Sekjen Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Ellen Tangkudung kemarin.

Dengan jumlah pemudik sepeda motor tetap tinggi, Ellen mengkhawatirkan kemungkinan jumlah kecelakaan yang melibatkan pemudik roda dua ini juga masih tetap tinggi. Adapun alternatif yang diberikan pemerintah untuk memindahkan pemudik roda dua dengan moda transportasi lain belum banyak diminati masyarakat. Bahkan Ellen menyebut hanya 5% saja masyarakat pemudik sepeda motor yang tertarik untuk pindah ke alternatif lain yang diberikan pemerintah.

”Pemerintah juga sudah banyak mengimbau memberikan fasilitas, mau kapal, kereta atau dengan bus untuk mudik bersama. Tapi ternyata itu hanya menjangkau paling banyak 5% dari pemudik sepeda motor,” papar Ellen. Mengenai usulan pemerintah yang ingin mengangkut pemudik menggunakan moda transportasi laut melalui kapal Pelni, Ellen menyambut baik hal itu. Namun sosialisasi yang kurang disebut Ellen membuat masyarakat tidak menaruh minat pada alternatif tersebut.

”Sosialisasinya sepertinya kurang sehingga banyak yang belum tahu bagaimana caranya,” ujar dia. Berdasarkan data yang dihimpunMTI, kenaikanpemudik sepeda motor dari tahun ke tahun rata-rata mencapai 5%. Untuk tahun ini angka tersebut kemungkinan akan sama mengingat adanya alternatif jalur baru bagi mobil yang dapat menggunakan tol Cipali sehingga jalur pantura yang tidak terlalu padat.

Kondisi ini menguntungkan pengguna sepeda motor. Sebelumnya, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan juga mengimbau pemudik yang menggunakan sepeda motor untuk beralih moda transportasi demi menghindari insiden saat mudik. Dia menyarankan pemotor memanfaatkan fasilitas mudik gratis dengan kapal laut. Tahun ini, kata Jonan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyediakan tempat bagi 10.000 pemudik sepeda motor.

Jumlah ini naik dibandingkan tahun lalu yang hanya 5.100 orang. Menurut Jonan, Kemenhub juga mengusulkan agar tahun ini subsidi untuk angkutan bagi pemudik motor dengan kapal laut bisa ditambah dananya hingga tiga kali lipat. ”Bahkan kalau bisa subsidinya di masa mendatang bisa naik hingga 10 kali lipat,” ujarnya Jumat (3/7).

Dian ramdhani
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6225 seconds (0.1#10.140)