Politikus PPP Lolos Seleksi Tahap I Capim KPK

Sabtu, 04 Juli 2015 - 19:57 WIB
Politikus PPP Lolos Seleksi Tahap I Capim KPK
Politikus PPP Lolos Seleksi Tahap I Capim KPK
A A A
JAKARTA - Mantan Anggota Komisi III DPR yang juga politikus PPP Ahmad Yani ikut mendaftar sebagai Calon pemimpin (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Yani dinyatakan lolos tahap administrasi oleh Panitia seleksi (Pansel).

Ahmad Yani mengaku sejak tidak terpilih menjadi anggota DPR kembali aktif sebagai pengacara. Namun, ada dorongan supaya ikut mendaftar sebagai calon pimpinan KPK, pasalnya sudah berkonsultasi kepada beberapa tokoh termasuk NU.

"Saya kan bermitra dengan KPK. Saya tanya Abdullah Hehamahua (mantan penasehat KPK), saya tanya KPK ke depan gimana. Dorongan itu saya mendaftarkan menit-menit terakhir 1 Juli," kata Yani saat dihubungi wartawan, Sabtu (4/7/2015).

Yani mengaku, jika terpilih jadi Komisioner KPK akan mengembalikan fungsi KPK yang belum maksimal. KPK lahir saat institusi hukum yang menangani korupsi seperti Kejaksaan dan Kepolisian belum optimal.

Menurut Yani banyak fungsi KPK yang belum maksimal seperti upaya pencegahan korupsi. "Kedua tugas pokok koordinasi supervisi yang belum optimal, pencegahan belum maksimal," imbuhnya.

Namun sejumlah capaian KPK, kata Yani harus diapresiasi, pasalnya selama ini banyak menteri, Gubernur, Bupati yang berhasil dijerat. Mengenai status dirinya di partai, Yani menegaskan sudah tidak lagi jadi pengurus partai berlambang Kakbah itu.

"Saya kan sudah tidak pengurus PPP, Saya tidak menafikan jadi pengurus partai. Masih anggota PPP, tapi enggak boleh pengurus partai untuk syarat Capim KPK," tegasnya.

Pilihan:

Seleksi CPNS Ditunda, Indonesia Diambang Krisis Guru SD

Saling Serang Menteri Rendahkan Presiden Dinilai Konyol
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3836 seconds (0.1#10.140)