Makanan Terpopuler Buka Puasa

Sabtu, 04 Juli 2015 - 12:36 WIB
Makanan Terpopuler Buka Puasa
Makanan Terpopuler Buka Puasa
A A A
Menjelang berbuka puasa, para pedagang makanan ramai diserbu pembeli. Mulai makanan ringan, es, sirop, hingga minuman hangat. Nah, berikut ini delapan makanan dan minuman terpopuler saat berbuka puasa versi GEN SINDO.

LONTONG

Terbuat dari beras, dibungkus di dalam daun pisang, dan direbus di dalam air selama beberapa jam. Lontong biasanya disajikan dengan sate atau gulai kambing, bisa juga diisi dengan sayuran atau oncom. Pada bulan Ramadan, lontong isi sayuran dan oncom sangat diminati. Biasanya, lontong disantap dengan bihun dan bakwan.

GORENGAN

Gorengan adalah jenis makanan yang dicelup adonan tepung dan kemudian digoreng ke dalam minyak goreng panas. Bahan-bahan yang dilapisi adonan tepung dan digoreng, antara lain pisang, tempe, tahu, oncom, ubi, singkong, cireng, dan bakwan, biasanya dimakan dengan cabai rawit. Di Indonesia, gorengan jadi makanan terpopuler.

KOLAK

Kolak atau kolek adalah makanan asal Indonesia berbahan dasar pisang atau ubi jalar yang direbus dengan santan dan gula aren. Jenis kolak bermacammacam, ada kolak pisang, kolak candil ketan, kolak labu, kolak ubi jalar, dan lain-lain. Pada Ramadan, kolak menjadi hidangan favorit masyarakat Indonesia. Rasanya manis dapat mengenyangkan.

PUDING


Puding adalah nama untuk berbagai hidangan penutup yang umumnya terbuat dari bahan-bahan yang direbus, dikukus, atau dipanggang. Ada puding dengan pengental seperti agar-agar, gelatin atau tepung maizena. Lalu, ada puding berbahan baku telur dan tepung terigu atau tepung beras yang dimasak dengan memanggang, mengukus, atau merebus. Biasanya, puding dihidangkan dengan saus vla dan jadi salah satu makanan pilihan untuk berbuka puasa.

KOLANG-KALING

Kolang-kaling yang dalam bahasa Belanda disebut glibbertjes ini dibuat dari biji pohon aren (Arenga pinnata) yang berbentuk pipih dan bergetah. Untuk membuat kolang-kaling, biasanya buah aren dibakar sampai hangus, kemudian diambil bijinya untuk direbus selama beberapa jam.

Biji yang sudah direbus tersebut, kemudian direndam dengan larutan air kapur selama beberapa hari sehingga terfermentasikan. Kolang-kaling memiliki kadar air sangat tinggi, hingga mencapai 93,8% dalam setiap 100 gramnya. Selain memiliki rasa menyegarkan, mengonsumsi kolangkaling juga membantu memperlancar kerja saluran cerna.

ES BUAH

Es buah adalah es koktail buah pencuci mulut Indonesia. Minuman dingin dan manis ini terbuat dari buah-buahan potong dadu, seperti melon, blewah, pepaya, dan lain-lain. Dicampur dengan es serut atau es batu, dan manis dengan gula cair atau sirup. Jenis buah yang digunakan dapat bervariasi, seperti mangga, lengkeng, kiwi, pir, alpukat, dan anggur. Es yang mirip dengan es campur dan es teler ini sangat segar disantap saat berbuka puasa.

ES KELAPA MUDA

Es kelapa muda adalah minuman segar yang terbuat dari daging dan air kelapa yang masih muda. Es kelapa muda merupakan minuman yang berasal dari Indonesia dan banyak digemari. Bahkan, es kelapa muda pernah masuk ke dalam 50 minuman terenak di dunia versi CNNpada 9 Desember 2011 yang menduduki peringkat ke-19.

Minuman ini sangat pas untuk disantap pada saat buka puasa. Selain menyegarkan, es kelapa juga memiliki banyak manfaat. Seperti penyejuk dahaga, pengganti cairan tubuh, mencegah gangguan pencernaan, membersihkan racun dari tubuh, menyehatkan kulit, dan membantu tubuh mengatur tekanan darah, serta fungsi organ jantung.

ES CAMPUR

Es campur adalah salah satu minuman khas Indonesia yang dibuat dengan mencampur berbagai jenis bahan dalam sirup manis. Biasanya berasa manis atau asam. Es campur dapat dijumpai di berbagai daerah di Indonesia dengan rasa dan bahan yang berbeda.

HANIFAH MUTHMAINNAH
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7990 seconds (0.1#10.140)